Sabtu, 19 Sep 2020 05:46 WIB

Susuk hingga Santet, Deretan Fenomena Corpus Alienum yang Pernah Bikin Heboh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ratusan susuk yang terlihat melalui Xray X-ray yang menunjukkan ratusan susuk viral di media sosial (Foto: Instagram/tasyabira)
Jakarta -

Sebuah postingan di Instagram milik seorang selebgram mendadak viral. Dalam postingan tersebut menunjukkan x ray susuk di dalam tubuh seseorang, dan kondisi ini disebut dengan istilah corpus alienum.

Corpus alienum adalah istilah untuk benda asing dari luar ditemukan di dalam tubuh. Benda-benda tersebut bisa berada di berbagai bagian tubuh, seperti mata, saluran napas, kulit, perut, hingga anus. Kondisi ini juga sering disebabkan karena hal-hal aneh seperti susuk dan santet.

Kasus seperti ini ternyata cukup sering ditemukan di dunia medis. Biasanya para dokter akan langsung mengeluarkan benda tersebut untuk menurunkan risiko munculnya infeksi, inflamasi, atau mengeluarkan toksik.

Berikut berbagai kasus corpus alienum yang telah dirangkum detikcom:

1. X ray susuk

Kabar seorang wanita yang memiliki ratusan susuk di tubuhnya viral di internet dan menjadi pembicaraan masyarakat. Kasus ini viral setelah salah satu selebgram Tasqia Alifa Syabira mengunggah foto x ray susuk wanita usia 55 tahun di Instagramnya.

"Pasien wanita usia 55 tahun mau di X-ray. Nah, kalo gini susuknya ada berapa? Itung sendiri deh ya :)," tulis Tasqia dalam unggahannya.

Dalam unggahan x ray susuk itu, Tasqia juga menjelaskan dalam dunia medis susuk itu seringkali disebut sebagai Charm Needles. Umumnya, susuk itu terbuat dari emas dan tembaga, sehingga dari x ray susuk bisa terlihat.

2. Puluhan paku dan jarum di dalam tubuh

Pada 2011, fenomena corpus alienum juga terjadi pada bocah bernama Safira yang berusia 3 tahun. Tim dokter dari RSUD Andi Makkasau Kota Parepare menemukan puluhan paku dan jarum di tubuh Safira, yaitu di bagian betis, lengan, dan punggung.

Menurut dokter bedah yang menangani Safira saat itu, dr Khamaruddin Said, SpB, ia baru pertama kali menghadapi kasus seperti ini, apalagi jumlah yang ditemukannya itu cukup banyak.

"Kalau cuma mengeluarkan jarum atau gunting yang tertinggal di rongga tubuh, sering. Tapi, kalau itu jelas dari mana asalnya gunting dan jarum bisa sampai ke dalam tubuh," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Susuk Emas Masih Ngetren, 'Nanogold' Terus Diteliti"
[Gambas:Video 20detik]