Sabtu, 19 Sep 2020 05:46 WIB

Susuk hingga Santet, Deretan Fenomena Corpus Alienum yang Pernah Bikin Heboh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ratusan susuk yang terlihat melalui Xray X-ray yang menunjukkan ratusan susuk viral di media sosial (Foto: Instagram/tasyabira)

3. Remaja 'bertelur'

Kasus ini dialami oleh remaja asal Desa Mangempang, Gowa, Sulawesi Selatan pada 2018 lalu yang menghebohkan warganya karena mengeluarkan dua butir telur dari tubuhnya. Itu terjadi setelah remaja bernama Akmal (14) itu mengeluh sakit perut.

"Tadi malam dia sakit perut, jadi saya bawa ke puskesmas dan puskesmas rujuk ke sini," kata Rusli, orang tua Akmal yang dikutip dari detikcom.

Dari hasil rontgen, terlihat ada dua butir telur di dalam tubuh Akmal. Dengan kondisi seperti ini, Akmal diduga mengalami fenomena medis corpus alienum.

4. Ada 75 paku, jarum, dan kawat di kaki

Di tahun 2012 juga geger karena ditemukannya 75 paku, jarum, dan kawat dari kaki seorang wanita bernama Supiyati (25). Awalnya, Supiyati pingsan setelah menikah pada 2010. Seminggu kemudian, ia sering merasakan sakit dan akhirnya mengeluarkan benda-benda 'misterius' itu dari dalam tubuhnya.

Untuk mengeluarkannya, tim medis dari RS Nurhidayah Bantul, Yogyakarta melakukan operasi pembedahan. Mereka berhasil mengeluarkan 71 benda asing berupa jarum, paku berkarat, dan kawat dari tubuh Supiyati. Sementara 4 benda asing lainnya keluar dari tubuh setelah dibacakan ayat Alquran di rumah sakit.

"Supiyati mengalami corpus alienum cruris multiple dan abces bilateral multiple," kata dr Sagiran dalam jumpa pers di RS Nurhidayah, Trimulo, Jetis, DI Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Corpus alienum cruris multiple adalah kondisi ditemukannya benda asing di dalam tubuh dalam jumlah banyak. Sementara abces bilateral multiple adalah luka nanah dalam jumlah banyak yang merupakan efek dari penyakit pertama.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua


Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]

(sao/up)