Rabu, 23 Sep 2020 14:02 WIB

Masuk Uji Klinis Akhir, Avigan Berhasil Percepat Waktu Sembuh Pasien Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
ilustrasi minum obat Masuk uji klinis tahap akhir, avigan berhasil mempercepat waktu sembuh pasien Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Obat antivirus avigan, Jepang, menunjukkan hasil yang menjanjikan pada uji klinis tahap akhir. Obat ini disebut mengurangi waktu pemulihan pasien COVID-19 dengan gejala tidak parah.

Dikutip dari Channel News Asia, studi klinis fase ketiga terhadap 156 pasien yang mendapat avigan membaik di hari ke 11. Sementara pasien yang tidak mendapatkan avigan kondisinya baru membaik di hari ke 14.

"Hasil penelitian, yang dilakukan oleh anak perusahaan Fujifilm Toyama Chemical, secara statistik signifikan," kata perusahaan itu dalam rilisnya.

Mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe telah memuji potensi avigan sebagai kontribusi Jepang dalam perlombaan global untuk pengobatan virus Corona COVID-19.

Tetapi kekurangan pasien di Jepang menghambat pengujian klinis. Pada Juli, para peneliti di Fujita Health University mengatakan studi avigan mereka gagal mencapai hasil yang signifikan secara statistik.

Dalam pernyataannya, Fujifilm mengatakan akan melakukan analisis lebih lanjut terhadap data uji coba dan berusaha mengajukan persetujuan avigan untuk digunakan dalam COVID-19 pada awal Oktober.

Minggu ini, surat kabar Nikkei mengutip sumber-sumber kementerian yang mengatakan persetujuan dapat diberikan dalam waktu satu bulan setelah hasil uji klinis menunjukkan manfaat yang menjanjikan.

Pada bulan Juli, Fujifilm menjual hak globalnya atas avigan ke laboratorium Dr Reddy, India. Sudah tersedia secara umum di banyak negara dengan nama favipiravir, obat tersebut telah disetujui untuk mengobati COVID-19 di India dan Rusia.



Simak Video "Mari Lakukan Protokol Kesehatan untuk Membantu Sesama"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)