Jumat, 25 Sep 2020 17:30 WIB

345 Ribu Kondom Bekas di Vietnam Dicuci dan Dijual Lagi

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Sedikitnya 320 ribu kondom bekas siap edar disita polisi Vietnam. Kondom itu diketahui telah dibersihkan dan dikemas ulang untuk kembali diedarkan ke masyarakat Vietnam temukan kondom ratusan kondom bekas yang dijual kembali. (Foto: VTV via AP Photo)
Jakarta -

Vietnam menemukan sejumlah kondom bekas yang dijual kembali seperti kondom baru. Ada sekitar 345 ribu kondom bekas yang disita polisi.

Dikutip dari CNN International, kondom bekas ini sebelumnya dibersihkan terlebih dahulu dan dijual kembali, demikian lapor media pemerintah Vietnam. Rekaman dari Vietnam Television (VTV) milik negara menunjukkan lusinan tas besar berisi kontrasepsi bekas yang berserakan di lantai gudang provinsi selatan Binh Duong, Vietnam.

"Tas-tas itu memiliki berat lebih dari 360 kilogram," kata polisi, yang setara dengan sekitar 345 ribu kondom, lapor VTV.

Pemilik gudang, tempat ditemukannya kondom bekas yang kembali dijual, mengklaim bahwa mereka telah menerima sejumlah paket setiap bulan untuk kondom bekas dari orang yang tidak dikenal.

Sementara itu, seorang wanita yang ditahan selama penggerebekan mengatakan kepada polisi bahwa kondom bekas tersebut sebelumnya direbus dalam air. Kemudian dikeringkan dan dibentuk kembali pada lingga kayu sebelum dikemas ulang dan dijual kembali.

VTV melaporkan tidak diketahui berapa banyak kondom daur ulang yang telah terjual. Wanita yang ditahan tersebut mengatakan bahwa dia telah menerima USD 0,17 atau setara 2.535 rupiah untuk setiap satu kilogram kondom daur ulang yang dia produksi.

Baik wanita yang ditahan maupun sang pemilik gudang tidak memberikan komentar apapun.



Simak Video "Pasien Terinfeksi Virus Corona di Vietnam Sembuh 100 Persen!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)