Minggu, 27 Sep 2020 14:26 WIB

Pria Pertama yang Sembuh dari HIV Kini Digerogoti Kanker Stadium Lanjut

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
HIV - sexually transmitted disease blood test and treatment Belum ada obat yang terbukti ampuh menyembuhkan infeksi HIV (Foto: iStock)
Jakarta -

Timothy Ray Brown diklaim sebagai pria pertama yang 'sembuh' dari infeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus). Kini ia menghadapi tantangan baru yakni kemunculkan lagi kanker yang dulu pernah diidapnya.

Dikenal sebagai 'Pasien Berlin' atau the Berlin Patient, Brown ketika itu mendapat transplantasi dari donor yang secara alami kebal terhadap HIV. Bertahun-tahun sesudahnya, tidak tampak tanda-tanda infeksi HIV sehingga dinyatakan sembuh.

Namun dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press, Brown mengatakan kanker yang pernah diidapnya muncul lagi tahun lalu dan menyebar luas. Ia kini menjalani perawatan di rumahnya di Palm Springs, California.

Brown adalah warga Amerika Serikat yang bekerja sebagai penerjemah di Berlin pada tahun 1990-an saat ia didiagnosis mengidap HIV. Pada 2006, ia juga didiagnosis mengidap leukemia.

Dr Gero Huetter, pakar kanker darah di University of Berlin, meyakini transplantasi sumsum tulang adalah peluang terbaik untuk Brown untuk mengatasi leukemia. Tapi Dr Huetter penasaran apakah bisa menggunakan donor dengan mutasi gen yang kebal HIV.

Donor semacam itu sangat langka dan transpantasinya sendiri berisiko. Dokter harus menghancurkan sistem imun dengan kemoterapi dan radiasi, lalu mencangkokkan sel donor dengan harapan tumbuh menjadi sistem imun yang baru.

Transpantasi pertama pada 2007 hanya berhasil sebagian. HIV terpantau lenyap, tetapi tidak dengan leukemia. Baru pada transplantasi kedua di 2008, upaya tersebut membuahkan hasil. Sejak saat itu pula, ia tes HIV Brown selalu negatif.

"Dia menjadi semacam duta harapan," kata Tim Hoeffgen, partner Brown, dikutip dari ABC News.



Simak Video "Pelayanan ODHA di Masa Pandemi Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)