Senin, 28 Sep 2020 05:02 WIB

Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya Lengkap

Puti Yasmin - detikHealth
The betel or Piper betle in West Java, Indonesia. Betel leaf is mostly consumed in Asia, as betel quid or in paan, with Areca nut and/or tobacco. Foto: Getty Images/iStockphoto/JokoHarismoyo/Jenis Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya Lengkap
Jakarta -

Setiap tanaman memiliki manfaat, terlebih untuk kesehatan manusia. Penggunaan tanaman obat keluarga telah dipercaya sejak ribuan tahun lalu dengan ditemukannya lempeng di Sumeria berisi 12 resep pengobatan dari tanaman.

Dalam buku 'Tanaman Ajaib! Basmi Penyakit dengan Tanaman Obat Keluarga' karya Astrid Savitri diperkirakan ada 13.000 spesies tanaman dimanfaatkan sebagai obat tradisional di seluruh dunia.

Berikut daftar dan manfaat tanaman obat keluarga:

1. Sirih

Tanaman ini memiliki kedekatan dengan fungsi sosial dan budaya. Sebab, ada banyak upacara adat yang menggunakan sirih sebagai salah satu pelengkapnya.

Di balik keistimewaannya tersebut, daun sirih memiliki manfaat untuk meringankan sembelit karena kandungan antioksidan. Pasalnya, kandungan tersebut bisa mengembalikan pH normal dalam perut dan meringankan sembelit.

Caranya cukup dengan mengunyah daun sirih setiap hari saat perut kosong. Selain itu, detikers juga bisa meminum air rebusan daun sirih yang telah dibiarkan selama satu malam untuk mendapatkan khasiatnya.

2. Seledri

Kegunaan seledri biasanya sebagai bumbu dapur. Namun, tanaman obat keluarga satu ini mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, natrium, besi sehingga bisa menyehatkan tubuh.

Adapun, seledri dipercaya bisa menurunkan tekanan darah karena kandungan phthalides, mengurangi kolesterol, meringankan arthritis, rematik, dan juga asam urat, hingga berguna menjadi antiseptik.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis dikenal akan sifat anti radang dan disinfektan. Dengan mengonsumsi air jeruk nipis rutin bisa mengurangi dan menghilangkan batuk yang disebabkan oleh virus maupun polusi.

Selain itu, terdapat kandungan vitamin C yang bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga bisa mencegah berbagai penyakit, seperti radang tenggorokan, flu, serta pilek.

4. Pulosari

Tanaman dengan nama lain Alyxia Stellata ini mengandung berbagai macam khasiat, salah satunya dapat melancarkan haid. Bagi wanita, siklus haid yang lancar dapat memengaruhi tingkat kesuburan.

Untuk mengonsumsinya, rebus batang Pulosari bersama adas, daun dan bunga srigading, jintan hitam, bunga kesumba kling, jeruk nipis, dan gula batu. Minum air tersebut sebanyak 3 kali sehari untuk melancarkan haid.

5. Serai

Batang serai memiliki bau khas yang biasa ditambahkan dalam makanan. Namun, tumbuhan yang masuk dalam jenis rumput-rumputan ini memiliki banyak kandungan dan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Salah satu gangguan yang bisa diatasi dengan batang serai adalah gangguan tidur. Detikers cukup menyeduh batang serai dan meminumnya sehingga dapat menenangkan otot dan saraf sehingga tidur lebih berkualitas.

6. Lengkuas

Lengkuas dapat dengan mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman ini utamanya digunakan sebagai bumbu dapur sebagai tambahan rasa pada masakan berjenis daging.

Menggunakan lengkuas untuk kesehatan bisa mengobati gangguan pencernaan, mual, sakit perut, hingga kolik. Bahkan, bila dikonsumsi secara teratur lengkuas bisa menjadi perangsang nafsu makan.

Jangan lupa makan tanaman obat keluarga untuk kesehatan ya!



Simak Video "Kementan Cabut Keputusan soal Ganja Jadi Tanaman Obat"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)