Senin, 28 Sep 2020 13:00 WIB

2 Hotel di DKI Sudah Layani Isolasi Gratis untuk COVID-19, Ini Syaratnya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pemerintah Kota Bekasi menggelar tes massal corona terhadap penumpang KRL di Stasiun Bekasi. Tes kali ini menggunakan alat yang lebih akurat berupa polymerase chain reaction (PCR). Agung Pambudhy/Detikcom. 

1. Penumpang Commuter line mengikuti test massal COVID 19 dengan metode polymerase chain reaction (PCR) di Stasiun Bekasi, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020).
2. Sebanyak 300 penumpang kereta dipilih secara random mengikuti tes ini. 
3. Metode tes PCR adalah mengetes spesimen yang diambil dari dahak di dalam tenggorokan dan hidung lalu diswab. 
4. Tes ini dianggap paling akurat dibandingkan rapid test yang hanya untuk mendeteksi reaksi imun dalam tubuh.
5. Data terkini kasus positif Covid-19 di Kota Bekasi telah mencapai 249 orang. Pasien sembuh corona 126, dalam perawatan 95, sedangkan meninggal 28 orang.
6. Test ini dibantu petugas dari RSUD Kota Bekasi dan Dinkes Kota Bekasi.
7. Sebelum masuk ke stasiun, penumpang lebih dulu menjalai tes PCR secara acak. Setelah itu, sampel lemdir dari hidung akan diuji di Labiratorium Kesehatan Kota Bekasi.
8. Hasil pemeriksaan ini diharapkan memberi gambaran kondisi penumpang ‎KRL apakah ada yang terpapar COVID-19 atau tidak.
9. Sebelumnya di KRL ada tiga orang yang dinyatakan positif virus COVID-19 berdasarkan hasil test swab PCR yang dilakukan pada 325 calon‎ penumpang dan petugas KAI di Stasiun Bogor. 
10. Sejumlah kepala daerah meminta pemerintah pusat untuk menstop operasional KRL guna menghambat penyebaran virus COVID-19
11. Hingga 4 Mei 2020 di Indonesia terdapat 11.587 kasus COVID-19 dengan kasus kematian 864 meninggal dan 1.954 sembuh.
12. Sampai kemarin pemerintah telah menguji 112.965 spesimen dari 83.012 orang di 46 laboratorium. Pasien Corona jalani isolasi mandiri di hotel, apa syaratnya? (Foto ilustrasi: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Dua hotel di DKI sudah mulai menerima pasien COVID-19 untuk menjalani isolasi mandiri. Salah satunya hotel Ibis Styles Mangga Dua yang mampu menampung 212 pasien COVID-19.

dr Fify Mulyani, MARS, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menjelaskan hotel disiapkan khusus bagi pasien COVID-19. Tetapi, pasien COVID-19 ditegaskan tidak bisa memilih untuk menjalani isolasi di hotel atau RSD Wisma Atlet.

"Bukan pasien yang menentukan saya mau di sini atau di situ. Tetapi kami melihat dari RSD Wisma Atlet apakah sudah full atau tidak," jelas dr Fify dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube Senin (29/9/2020).

IBIS Styles Mangga Dua untuk wilayah:

- Jakarta Pusat
- Jakarta Utara
- Jakarta Timur

Kapasitas: 212

U Stay Mangga Besar untuk wilayah:

- Jakarta Barat
- Jakarta Selatan

Kapasitas: 240

Lantas bagaimana prosedurnya?

Secara prosedur tata cara pasien Corona yang menjalani isolasi mandiri di hotel sama dengan RSD Wisma Atlet. Biaya perawatan seluruh pasien COVID-19 disebut dr Fify dipastikan gratis ditanggung pemerintah.

- Memiliki bukti hasil tes positif COVID-19
- Mendapat rujukan dari puskesmas
- Ditentukan menjalani isolasi mandiri di hotel/RSD Wisma Atlet
- Difasilitasi bus/ambulans menuju tempat isolasi pasien Corona

dr Fify mengatakan rencananya hotel yang disiapkan untuk isolasi pasien COVID-19 ke depan sebanyak 18 hotel.



Simak Video "Begini Cara Lakukan Isolasi Mandiri Jika Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)