Senin, 28 Sep 2020 20:50 WIB

Bisa Dilatih untuk Mengendus COVID-19, Begini Cara Anjing Mendeteksi Corona

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Virus Corona COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 masih mewabah di seluruh dunia. Anjing-anjing pun kini mulai dilatih untuk bisa mendeteksi penyakit ini.

Dikutip dari Reuters, sebuah tim yang terdiri dari 10 pelatih dan 15 anjing tampak sedang melakukan uji coba untuk mendeteksi COVID-19 di antara penumpang di bandara Helsinki-Vantaa, Finlandia.

"Apa yang kami lihat dalam penelitian kami adalah anjing-anjing ini dapat mendeteksi (COVID-19) lima hari sebelum (pasien) menunjukkan gejala," kata Anna Hielm-Bjorkman, pengajar di University of Helsinki yang menggelar uji coba tersebut.

"Mereka sangat baik (dalam mendeteksi COVID-19). Kami mendekati sensitivitas 100 persen," ujarnya.

Dalam prosesnya, para penumpang yang diduga terinfeksi Corona dan secara sukarela mengikuti uji coba ini akan diminta untuk menyeka lehernya dengan kain, kemudian kain tersebut diletakkan di dalam sebuah kaleng dan diendus anjing. Disebutkan, hasil tesnya pun akan keluar dalam waktu yang cukup cepat.

Meski begitu, kemampuan anjing-anjing tersebut dalam mendeteksi COVID-19 belum terbukti dalam studi ilmiah. Maka dari itu, para sukarelawan juga diminta untuk melakukan tes swab agar bisa memastikan hasilnya.



Simak Video "Satgas Sebut Banyak Orang Masih Tak Percaya Bahaya Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)