Selasa, 29 Sep 2020 05:00 WIB

Gejala Cacar Air dan Cara Mengobatinya Paling Ampuh

Puti Yasmin - detikHealth
ilustrasi cacar air Foto: ilustrasi/thinkstock/Gejala Cacar Air dan Cara Mengobatinya Paling Ampuh
Jakarta -

Cacar air merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster. Penularan cacar air dapat menyebabkan gejala sakit pada badan hingga muncul bentol kemerahan berisi cairan pada permukaan kulit.

Dikutip dari buku 'Pengobatan Mandiri' oleh Dewi Fitriani S.Si., Apt setelah terinfeksi cacar air biasanya tubuh akan kebal terhadap penyakit ini. Namun, akan ada kemungkinan terkena cacar air untuk kedua kalinya jika sistem kekebalan tubuh belum menghilangkan semua virus cacar dalam tubuh.

Berikut gejala cacar air dan cara mengobatinya:

Penyebab Cacar Air

Cacar air disebabkan oleh infeksi virus varicella zoster (VZV) yang menular melalui kontak kulit ke kulit hingga cairan dari batuk dan bersin orang yang terinfeksi. Setelah terinfeksi ada masa inkubasi hingga munculnya gejala 12-14 hari.

Sementara, masa penularan cacar air terjadi di 1-2 hari sebelum muncul gejala ruam sampai saat semua bentol sudah kering dan menjadi kerak luka.

Gejala Cacar Air

Seseorang yang terinfeksi virus cacar air akan mengalami demam selama 1-2 hari. Kemudian, tenggorokan akan terasa sakit nyeri dan tubuh merasa lemas sehingga tidak bisa beraktivitas.

Setelah gejala tersebut, dalam waktu 24 jam akan muncul ruam yang khas di daerah dada. Kemudian, selama 7-10 hari ruam bentol berisi cairan tersebut akan menyebar ke kepala, tangan, dan kaki.

Nantinya, bentol berisi cairan akan pecah dan mengering menjadi kerak. Di saat bentolan tidak muncul lagi artinya orang yang terinfeksi tidak lagi menularkan virus cacar air.

Pengobatan Cacar Air

Pada dasarnya penyakit cacar air dapat sembuh dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara untuk mengatasi gejala hingga cara mengobati cacar air agar cepat kering, seperti di bawah ini

-Kompres air dingin atau kalamin cair untuk mengurangi rasa gatal dan mengeringkan luka. Jangan gunakan obat oles yang mengandung difenhidramin karena bisa menyerap ke dalam darah dan mengakibatkan keracunan.

-Berendam di dalam air dingin ditambah baking soda setiap 3-4 jam bisa mengatasi rasa gatal.

-Meminum obat dengan kandungan difenhidramin, loratadin atau cetirizin bisa mengatasi rasa gatal yang tak tertangani. Konsultasikan dengan ahli medis terlebih dahulu.

- Jika bentol berada di sekitar mulut dan mengatasi rasa sakitnya bisa dilakukan dengan memberikan cairan dingin, seperti es krim, milk shake.

-Pastikan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Serta, istirahat di rumah selama bentolan belum kering dan mengerak semua.

-Pantangan penyakit cacar air untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh, asam, pedas, serta asin. Pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat dan banyak minum.



Simak Video "Kenali Gejala dan Waspada Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)