Selasa, 29 Sep 2020 14:17 WIB

Tak Bisa Cium Bau dari Jarak 15 Cm? Waspadai Anosmia, Gejala COVID-19

Ayunda Septiani - detikHealth
Stinky Feet. Disgusted Girlfriend Pinching Nose Lying Near Boyfriends Smelly Legs In Bed In Bedroom. Selective Focus Susah mencium bau dari jarak 15 cm bisa jadi gejala COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Topik Hangat Anosmia COVID-19
Jakarta -

Saat seseorang terinfeksi COVID-19, berbagai macam gejala biasanya kerap muncul seperti demam, diare, dan batuk.

Namun, dari beberapa gejala yang ada, kehilangan indra penciuman atau anosmia menjadi ciri yang paling khas. Meskipun sering dialami saat seseorang flu, hal ini akan jauh lebih buruk pada pasien COVID-19.

Bagaimana cara mendeteksi dini adanya anosmia atau kehilangan indra penciuman?

Dijelaskan dokter spesialis THT dari RSUP Persahabatan, dr Deasi Anggraini, Sp THT-KL(K), gangguan indra penciuman bisa saja munculnya ringan pada pasien Corona, namun beberapa pasien kurang menyadarinya.

Walaupun tidak semua pasien COVID-19 akan mengalami anosmia dan hiposmia, tidak ada salahnya bagi pasien-pasien yang sudah terkonfirmasi positif Corona dari pemeriksaan RT-PCR untuk melakukan skrining mandiri terkait indra penciuman.

Mengenal Anosmia, Gejala COVID-19 yang Bikin Susah Cium BauMengenal Anosmia, Gejala COVID-19 yang Bikin Susah Cium Bau Foto: infografis detikHealth

"Sebenarnya cukup mudah untuk melakukan skrining terhadap gangguan penciuman ini, kalau kita sendiri dokter THT, melakukannya dengan pemeriksaan yang cukup simpel dengan alkohol swab," terang dr Deasi.

"Kalau tidak bisa melakukan dengan alkohol swab di rumah mungkin dengan alat-alat sederhana, contohnya dengan minyak eucalyptus, atau minyak kayu putih misalnya," papar dr Deasi.

dr Deasi menambahkan, untuk pasien yang isolasi mandiri yang dilakukan di rumah, dan ingin skrining sendiri bisa menggunakan dengan:

- Minyak kayu putih
- Lemon,
- Minyak eucalyptus
- Cengkeh
- Bunga mawar

"Nilai normal biasanya diambil 15 cm, jadi ukuran jarak 15 cm dari permukaan hidung ke bawah. Jika pasien sudah mampu menghidu berarti pasien normal," kata Deisi.

Tetapi jika pengukuran 15 cm dari permukaan hidung tidak mampu berarti kemungkinan sudah terjadi anosmia.



Simak Video "Yang Harus Dilakukan Jika Tak Bisa Cium Bau Seperti Gejala Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Anosmia COVID-19