Rabu, 07 Okt 2020 17:18 WIB

Begini Cara Cuci Tangan yang Efektif Cegah COVID-19 Menurut Dokter

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikHealth
Portrait of a mother helping son wash his hand in the sink after making cookies – domestic life concepts Ilustrasi/Foto: Getty Images/andresr
Jakarta -

Dokter Spesialis Paru/Konsultan Intensivist dan Gawat Nafas Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta, dr Dewiyana Andari Kusmana, SpP (K) mengatakan 80% dari seluruh pasien positif COVID-19 adalah orang tanpa gejala (OTG). Pasien OTG tersebut mudah disembuhkan dengan makan, minum, olahraga teratur, dan istirahat yang cukup.

dr Dewiyana pun menyinggung kebiasaan masyarakat menggunakan masker yang keliru sehingga jauh dari fungsi sebenarnya. Penggunaan masker bukan untuk menutupi dagu atau jenggot, melainkan hidung dan mulut. Begitu juga saat berbicara, masker tetap digunakan agar droplet yang tak sengaja keluar tidak menyebar karena tertahan masker.

"Pakai masker yang benar menutupi hidung sampai dagu. Kalau pakai di dagu apa yang ditutupi hanya lambang," ungkap dr Dewiyana, dalam keterangan tertulis, Rabu (7/10/2020).

Hal itu ia ungkapkan dalam talkshow 'Pentingnya Iman, Aman, dan Imun untuk Sembuh dari COVID-19' di Media Center Satgas COVID-19 Graha BNPB Jakarta, Selasa (6/10). Selain itu, dr Dewiyana juga terus mengingatkan agar masyarakat menjalankan dan menjaga protokol kesehatan 3M, yaitu memakai masker dengan benar, menjaga jarak dan menghindari kerumunan, dan mencuci tangan.

dr Dewiyana mengatakan dirinya sudah menangani pasien COVID-19 sejak bulan Maret sampai sekarang. Ia pun memberikan tips empat langkah mencuci tangan yang benar agar masyarakat tidak salah dalam menerapkannya.

"Pertama, telapak tangan yang sudah ditetesi sabun digosok dengan cara memutar sebanyak empat kali. Gerakan memutar itu bertujuan agar sabun di telapak tangan itu menyapu seluruh permukaan tangan hingga bersih. Kedua, bersihkan punggung tangan dengan gerakan turun naik agar kuman di bagian punggung tersebut hilang," ungkapnya.

"Ketiga, sela-sela jari tangan dikatupkan lalu gosokkan agar kuman yang terselip di bagian lipatan ini bisa hilang. Setelah itu, diputar dan digenggam. Keempat, seluruh jari direkatkan posisi ujung kuku berada di atas telapak tangan, lalu digosokkan. Gerakan ini guna membersihkan kuman yang masuk dalam kuku. Dan terakhir membersihkan kuman di sekitar ibu jari," imbuhnya.

dr Dewiyana mengatakan cara mencuci tangan tersebut akan lebih efektif untuk mencegah penuluran COVID-19. "Cuci tangan seperti itu akan jauh lebih efektif. Terutama membersihkan kuman dan virus di sela-sela kuku," pungkasnya.

Mari selalu #IngatPesanIbu untuk memutus rantai COVID-19 seperti yang dikampanyekan #SatgasCOVID19 dengan melakukan 3M: Memakai masker #pakaimasker, menjaga jarak #jagajarak, dan mencuci tangan #cucitangan.



Simak Video "RI Mirip Seperti Amerika soal COVID-19, Ini Saran Dr Faheem Younus"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/up)