Minggu, 11 Okt 2020 06:30 WIB

7 Cara Menjaga Ginjal Tetap Sehat

Elsa Himawan - detikHealth
The doctor checks the kidneys of a patient on a blue background. 7 cara menjaga ginjal agar tetap sehat. (Foto: Ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Ginjal menjadi salah satu organ tubuh yang paling vital. Oleh sebab itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan ginjal kita menjadi rusak. Salah satunya adalah rutin mengkonsumsi obat ataupun suplemen.

Asupan makanan olahan yang tinggi garam juga bisa mengakibatkan kerusakan ginjal. Dikutip dari Healthline, berikut tips untuk menjaga kesehatan ginjal.

1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Olahraga juga bisa mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Keduanya cukup penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

2. Mengontrol gula darah

Orang yang memiliki gula darah tinggi, cenderung mudah mengalami kerusakan ginjal. Sebab, ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah, ginjal akan dipaksa untuk bekerja keras menyaring darah.

Pengerahan tenaga ginjal dalam waktu yang lama, tentu akan mengakibatkan kerusakan pada organ tersebut.

3. Memantau tekanan darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi disertai penyakit lain, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolestrol tinggi, tentu akan berakibat fatal.

4. Memantau berat badan

Orang yang kelebihan berat badan atau obesitas, berisiko mengalami kerusakan ginjal. Pola makan yang rendah natrium dan daging olahan akan membantu mengurangi risiko kerusakan ginjal.

5. Minum banyak cairan

Asupan air yang teratur dapat menjaga kesehatan ginjal. Air membantu membersihkan natrium dan racun yang terdapat pada ginjal.

Air membantu membersihkan natrium dan racun dari ginjal Anda. Ini juga menurunkan risiko penyakit ginjal kronis. Sebaiknya, targetkan setidaknya 1,5 hingga 2 liter dalam sehari.

6. Jangan merokok

Merokok dapat merusak pembuluh darah tubuhmu. Hal ini menyebabkan peredaran darah mengalir lebih lambat ke seluruh tubuh dan ginjal. Merokok juga meningkatkan risiko kanker pada ginjal.

7. Waspadai konsumsi obat

Jika kamu rutin mengkonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas, ini akan berisiko menyebabkan kerusakan ginjal. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), termasuk ibuprofen dan naproxen, dapat merusak ginjal juga jika kamu meminumnya secara teratur untuk nyeri kronis, sakit kepala, atau artritis.



Simak Video "Mengenal 2 Penyebab Penyakit Ginjal Kronis di Hari Ginjal Sedunia"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)