Rabu, 14 Okt 2020 13:30 WIB

Antibodi yang Disetop Uji Klinisnya Mirip yang Dipakai Donald Trump?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
President Donald Trump speaks during a campaign rally at John Murtha Johnstown-Cambria County Airport, Tuesday, Oct. 13, 2020, in Johnstown, Pa. (AP Photo/Evan Vucci) Antibodi COVID-19 yang uji klinisnya dihentikan mirip yang dipakai Donald Trump (Foto: AP/Evan Vucci)
Jakarta -

Perusahaan obat AS Eli Lilly menghentikan sementara uji klinis tahap akhir pengobatan antibodi eksperimental COVID-19 karena masalah keamanan. Alasan atau masalah yang melatarbelakangi penghentian uji coba belum teridentifikasi, tetapi perusahaan mengatakan keselamatan adalah prioritas utamanya.

Pengobatan yang menjalani uji klinis dengan disponsori Pemerintah AS ini mirip yang diterima Presiden AS Donald Trump. Trump menyebut obat itu, perawatan antibodi dari Regeneron Pharmaceuticals membantunya pulih.

Dikutip dari ABC News, pengumuman soal penghentian sementara uji klinis antibodi COVID-19 Eli Lilly datang satu hari setelah Johnson & Johnson menghentikan sementara uji coba vaksin virus Corona. Salah seorang partisipan jatuh sakit dan disebut mengalami 'unexplained illness'.

Johnson & Johnson mengatakan tidak tahu apakah orang itu diberi vaksin atau plasebo. Sebelumnya, uji klinis kandidat vaksin COVID-19 AstraZeneca AS juga sempat ditunda karena seorang partisipan jatuh sakit.

Tidak jarang uji klinis obat dihentikan sementara untuk menyelidiki masalah keamanan, dan tindakan semacam itu tidak selalu menunjukkan masalah serius.

"Karena sangat berhati-hati, dewan pemantau keamanan data independen (DSMB) ACTIV-3 telah merekomendasikan jeda dalam pendaftaran," kata juru bicara Lilly Molly McCully dalam pernyataan email.

"Lilly mendukung keputusan DSMB (Data and Safety Monitoring Board) independen untuk secara hati-hati memastikan keselamatan pasien yang berpartisipasi dalam penelitian ini," lanjutnya.



Simak Video "Bayi di Florida Punya Antibodi COVID-19, Ini Penjelasan Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)