ADVERTISEMENT

Rabu, 14 Okt 2020 14:15 WIB

Cristiano Ronaldo Positif COVID-19 Tanpa Gejala, Berapa Lama Bisa Sembuh?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
LISBON, PORTUGAL - OCTOBER 07:  Cristiano Ronaldo, Captain of Portugal shouts instructions to his team mates during the international friendly match between Portugal and Spain at Estadio Jose Alvalade on October 07, 2020 in Lisbon, Portugal. (Photo by Octavio Passos/Getty Images) Cristiano Ronaldo positif COVID-19. (Foto: Getty Images/Octavio Passos)
Jakarta -

Bintang sepakbola Portugal Cristiano Ronaldo dinyatakan positif COVID-19. Berdasarkan informasi dari Federasi Sepak Bola Portugal melalui situs resminya, Ronaldo saat ini dalam kondisi baik dan tanpa gejala.

"Cristiano Ronaldo dibebaskan dari tugas Timnas setelah dinyatakan positif COVID-19, sehingga ia tidak akan menghadapi Swedia. Pemain internasional Portugal ini dalam kondisi baik, tanpa gejala, dan kini dalam isolasi," tulis pernyataan Portugal.

Meskipun pasien COVID-19 seperti Ronaldo ini tidak menunjukkan gejala atau asimtomatik, mereka tetap dianjurkan untuk melakukan isolasi agar tidak menularkan virus ke orang di sekitarnya.

Berdasarkan sebuah studi peneliti Jepang, pasien Corona tanpa gejala atau asimtomatik ini cenderung bisa pulih dalam waktu sembilan hari.

Studi tersebut melihat bagaimana infeksi virus Corona berkembang pada 90 orang tanpa gejala yang tertular di kapal pesiar Diamond Princess. Hasilnya, hampir setengah dari pasien pulih dari virus dalam sembilan hari setelah tes pertama, dan sebagian lainnya sembuh dalam 15 hari.

"Awalnya partikel virus mungkin muncul setelah enam hari, tetapi kemungkinan pasien (tanpa gejala) akan terbebas dari virus setelah delapan hingga 10 hari," tulis peneliti, dokter, sekaligus profesor Fujita Health University, Yohei Doi yang dikutip dari laman The Japan Times.

Saat melakukan isolasi mandiri, usahakan meminimalisir kontak dengan anggota keluarga, periksa suhu tubuh secara berkala, selalu mencuci tangan, serta memakai masker sepanjang waktu.

Tonton video 'Cristiano Ronaldo Positif Corona, Fernando Santos: Ia Ingin Bermain':

[Gambas:Video 20detik]



(sao/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT