Rabu, 14 Okt 2020 16:45 WIB

Begini Cara Tangani Anak yang Terinfeksi COVID-19

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Fever, Close-up medical thermometer, Parent / Father measuring temperature of his ill kid, Asian 3 - 4 years old toddler boy gets high fever lying on bed with cold compress on forehead to cool a fever Begini cara menangani anak yang terinfeksi COVID-19. (Foto: Getty Images/iStockphoto/yaoinlove)
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 bisa menginfeksi siapa saja termasuk anak-anak. Lantas bagaimana jika anak terinfeksi dan seperti apa penanganannya?

Dokter spesialis Anak dari RSUD Jati Padang, dr Charles, MSc, SpA, mengatakan, pada dasarnya perawatan anak yang terinfeksi COVID-19 tidak jauh berbeda dengan orang dewasa.

"Untuk beberapa kasus yang ringan dan tanpa gejala memang bisa dilakukan isolasi mandiri dan pengobatannya hanya suportif pada anak-anak. Jadi tidak hampir berbeda dengan orang dewasa," ujar dr Charles dalam siaran pers BNPB melalui kanal YouTube, Rabu (14/10/2020).

Meski begitu, dr Charles menjelaskan bahwa ada kesulitan tersendiri dalam penanganan anak yang harus isolasi mandiri di rumah sakit.

"Anak-anak kan tidak seperti orang dewasa. Jadi dia perlu didampingi, apakah didampingi oleh keluarga terdekatnya yang negatif (COVID-19) atau yang positif juga itu kan jadi kesulitan juga," jelasnya.

Namun, apabila isolasi mandiri dilakukan di rumah, dr Charles menegaskan protokol kesehatannya harus tetap dilaksanakan agar risiko penularan COVID-19 dari anak tidak terjadi.



Simak Video "Pesan Dokter Jika Anak Terinfeksi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)