Jumat, 16 Okt 2020 18:45 WIB

Jangan Salah, Orang Dewasa Ternyata Juga Harus Rutin Imunisasi

Angga Laraspati - detikHealth
Sejumlah siswa SD di Tangerang disuntik vaksin untuk cegah penyakit campak dan rubella. Tak sedikit anak-anak yang teriak hingga menangis saat akan disuntik. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe menyatakan WHO secara spesifik menyebutkan di masa pandemi orang dewasa sebaiknya mendapatkan vaksinasi influenza atau pneumonia.

Melakukan imunisasi di usia dewasa maupun lanjut usia menjadi salah satu upaya dalam menjaga kesehatan melalui pembentukan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.

"Vaksinasi influenza itu sendiri perlu dilakukan rutin setiap tahun," jelas dr. Dirga Sakti dalam keterangan tertulis, Jumat (16/10/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh dr. Dirga dalam acara Forum Dialog Kabar Kamis bertema "Mengapa Vaksin Penting? Perlukah untuk Orang Dewasa?" yang diselenggarakan di Media Center Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Kamis 15/10/2020.

Lebih lanjut dr. Dirga mengatakan upaya untuk tetap sehat wajib untuk dilakukan dengan mencegah penyakit, salah satunya melalui imunisasi.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat bahwa penyakit yang pembawanya (carrier) adalah orang dewasa, sehingga bisa saja menularkan ke anggota keluarga yang lain termasuk anak-anaknya.

"Untuk tetap sehat, anak-anak bukan hanya perlu imunisasi tetapi juga membutuhkan orang tua dan orang dewasa di sekitarnya yang sehat." pungkasnya.



Simak Video "Roadmap Imunisasi Corona Belum Matang Saat Program Vaksin Dikebut"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)