Sabtu, 17 Okt 2020 05:16 WIB

Gejala dan Ciri-ciri Virus Corona, yang Paling Umum hingga Jarang

Rosmha Widiyani - detikHealth
Sars-CoV-19 test tube in purple protective glove, virus illustration on computer screen in background Foto: Getty Images/iStockphoto/PS3000/Gejala dan Ciri-ciri Virus Corona, yang Paling Umum hingga Jarang
Jakarta -

Angka kasus terkonfirmasi positif terjangkit virus Corona di Indonesia sampai Jumat (16/10/2020) telah melampaui 350 ribu orang. Sampai kini belum ada tanda-tanda berakhirnya pandemi COVID-19.

Menghadapi COVID-19, usaha pencegahan menjadi solusi utama untuk menekan risiko terinfeksi virus corona. Upaya lain adalah memiliki pengetahuan gejala dan ciri-ciri virus Corona.

Dengan mengetahui gejala dan ciri-ciri virus Corona, publik bisa segera waspada jika kondisi tubuh kurang baik. Publik bisa berkonsultasi ke dokter atau melakukan swab test sesuai kondisi dan kebutuhannya.

Dikutip dari situs Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional, virus Corona bukan termasuk makhluk hidup. Seperti virus lainnya terdapat ciri-ciri virus Corona yang bisa dikenali.

Berikut ciri-ciri virus Corona:

1. Tidak dapat melakukan metabolisme sendiri

2. Tidak dapat melakukan replikasi tanpa sel inang

3. Tidak tumbuh

4. Tidak merespons lingkungannya

Ciri-ciri virus mengindikasikan bergantung sepenuhnya pada inang supaya bisa bermetabolisme dan memperbanyak diri. Empat ciri inilah yang mengakibatkan virus tidak bisa disebut makhluk hidup.

Dengan ciri tersebut, virus Corona menginfeksi manusia hingga menjadi pandemi hampir di sepanjang 2020. Dikutip dari situs badan kesehatan dunia WHO, ada berbagai gejala virus Corona pada pasien.

Gejala virus Corona beragam mulai dari yang paling umum, jarang, hingga yang serius. Biasanya gejala muncul dalam waktu 5-6 hari sejak terinfeksi virus Corona, namun kadang butuh waktu hingga 14 hari.

A. Gejala virus Corona paling umum

1. Demam

2. Batuk kering

3. Merasa lelah

B. Gejala virus Corona tidak terlalu umum

1. Merasa sakit dan ngilu di seluruh tubuh

2. Sakit tenggorokan

3. Diare

4. Mata merah

5. Sakit kepala

6. Hilang kemampuan mencium atau merasakan

7. Muncul ruam pada kulit, atau pucat di jari tangan atau kaki

C. Gejala virus Corona serius

1. Sulit bernapas atau napas pendek

2. Sakit atau merasakan sensasi tertekan di dada

3. Hilang kemampuan berbicara atau bergerak.

Jika mengalami gejala virus Corona serius disarankan segera berkonsultasi pada dokter. Sebelumnya disarankan menghubungi dokter atau fasilitas kesehatan yang akan didatangi lebih dulu.



Simak Video "WHO Pelajari Mutasi Corona dari Hewan Cerpelai di Denmark"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)