Senin, 19 Okt 2020 09:10 WIB

Menteri Kesehatan Afrika Selatan Positif COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi pasien di rumah sakit Menteri Kesehatan dan istrinya positif terinfeksi virus Corona. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Afrika Selatan, Zweli Mkhize beserta istrinya dinyatakan positif terinfeksi COVID-19. Hal ini disampaikan pihak kementerian pada Minggu (18/10/2020) malam waktu setempat.

Saat ini, Mkhize dan istrinya tengah menjalani masa karantina di rumahnya. Meski terbukti positif COVID-19, ia optimis bisa sembuh seperti sebelumnya.

"Saya sekarang di karantina di rumah, baik saya dan istri saya tetap optimis bahwa kami akan pulih sepenuhnya dari virus ini," kata Mkhize melalui pernyataannya yang dikutip dari Reuters, Senin (19/10/2020).

Sebagai dokter medis yang terlatih, Mkhize berjuang di garis depan untuk mengatasi pandemi Corona yang menyerang Afrika dan negara di belahan dunia lain ini. Bahkan ia juga terus mendesak warga untuk terus mematuhi protokol kesehatan dengan masker, menjaga kebersihan dengan baik, dan menjaga jarak.

"Apapun yang kami lakukan dan kemanapun kami pergi, kami harus ingat bahwa tetap ada resiko gelombang kedua," jelasnya.

Berdasarkan data pemerintah terbaru yang dirilis pada Sabtu (17/10/2020), terdeteksi sebanyak 1.928 kasus baru. Total kasus yang terkonfirmasi menjadi 700.000 dan 18.408 kasus kematian.



Simak Video "Cara Mudah Bantu 'Memulihkan' Dunia dari Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)