Senin, 19 Okt 2020 16:15 WIB

Masih Bingung Vaksinasi dan Imunisasi? Ini Penjelasannya

Angga Laraspati - detikHealth
Tidak memberikan imunisasi pada anak sama bahayanya jika terkena virus Corona COVID-19. Foto: Agung Mardika
Jakarta -

Bagi sebagian orang vaksinasi dan imunisasi merupakan hal yang sama. Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan. Lantas apa yang membuatnya berbeda?

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito memaparkan vaksinasi adalah sebuah proses memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Bentuknya bisa disuntikan atau diteteskan.

"Setelah masuk ke dalam tubuh, maka tubuhnya akan bereaksi atau membentuk sistem kekebalan atau imun tadi, sehingga bisa melawan (virus) kalau sampai suatu saat tertular," jelas Prof Wiku dalam acara Talkshow dengan tema 'Menjemput Asa Vaksin COVID-19' yang disiarkan secara langsung dari YouTube Official BNPB, Senin (19/10/2020).

Sedangkan imunisasi adalah sebuah proses ketika tubuh membuat imunitas dari pemberian vaksin. Sehingga muncul sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan penyakit.

"Pada proses (imunisasi) ini tubuh akhirnya bisa memunculkan imun atau kekebalan tubuh karena terbentuknya antibodi spesifik ke penyakit yang dituju," ungkapnya.

Untuk itu ia berharap dengan adanya penjelasan tersebut masyarakat tak perlu bingung lagi terkait mana yang lebih penting dari keduanya.

Di sisi lain, Ia juga menegaskan pemberian vaksinasi harus diberikan kepada orang-orang yang sehat. Hal ini bertujuan untuk melindungi dirinya dan meminimalisir risiko tertular.

"Vaksinasi diberikan terutama kepada orang-orang sehat yang belum pernah terinfeksi. Tentang nanti seperti apa selanjutnya dari hasil uji klinis kita akan tahu lebih lanjut," pungkas Prof Wiku.



Simak Video "Kesiapan Indonesia Distribusikan Vaksin Hingga ke Pelosok Negeri"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/up)