Selasa, 20 Okt 2020 09:06 WIB

Makan Nasi 3 Kali Sehari Sebabkan Diabetes, Mitos atau Fakta?

Thalitha Yuristiana - detikHealth
makan nasi Makan nasi tiga kali sehari sebabkan diabetes, mitos atau fakta? (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Sebagai orang Indonesia, mengonsumsi nasi adalah sebuah keharusan. Mungkin Anda tidak asing dengan ungkapan 'belum makan namanya kalau belum makan nasi'.

Ungkapan ini menjelaskan bagaimana masyarakat Indonesia sangat ketergantungan dengan nasi. Namun, makan nasi yang berlebihan memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh. Salah satunya yaitu risiko terkena diabetes tipe 2.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menemukan kaitan di antara keduanya. Dalam penelitian yang dipublikasi oleh British Medical Journal pada 2012 tersebut, peneliti menelaah empat studi yang melibatkan 352 ribu orang dari China, Jepang dan Amerika Serikat.

Penelitian yang dipimpin oleh Emily Hu dan Qi Sun tersebut memantau perkembangan kesehatan dan kebiasaan makan partisipan selama 4-22 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang paling banyak makan nasi yaitu 3-4 kali per hari, memiliki risiko 1,5 kali lebih banyak terkena diabetes dibandingkan orang yang makan paling sedikit nasi.

Lebih lanjut, peneliti juga menemukan bahwa risiko terkena diabetes bahkan naik 10 persen untuk setiap tambahan porsi nasi yang dimakan dalam sehari.

Kaitan antara kuantitas makan nasi dengan risiko terkena diabetes tipe 2 berhubungan dengan indeks glikemik pada nasi yang tinggi sekitar 70. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi meningkatkan gula darah.

Untuk menghindari meningkatnya risiko terkena diabetes tipe 2 dapat dilakukan dengan mengganti kebiasaan mengkonsumsi karbohidrat rafinasi, seperti nasi putih dan roti putih, menjadi serealia utuh.

Selain mengakibatkan diabetes tipe 2, konsumsi nasi yang berlebihan juga dapat menyebabkan kenaikan berat badan hingga mengganggu pencernaan. Selain mengganti asupan karbohidrat, Anda juga dapat membatasi asupan karbohidrat sebanyak 45-60 gram setiap kali makan agar risiko terkena diabetes tipe 2 dapat ditekan.



Simak Video "Awas! Diabetes Mengintai Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)