Jumat, 23 Okt 2020 07:10 WIB

Long Weekend! Coba Luangkan Waktu untuk Olahraga, Ini Alasannya

Content Promotion - detikHealth
Ilustrasi yoga Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pekan depan masyarakat Indonesia akan disambut dengan libur panjang sejak tanggal 28 Oktober hingga 1 November. Dengan waktu luang itu, sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan salah satunya berolahraga. Karena berolahraga mampu meningkatkan kekebalan tubuh, mengingat hal tersebut penting untuk dimiliki di masa pandemi kali ini.

DIlansir dari insider.com, olahraga dapat menggenjot sistem imunitas lewat berbagai cara, seperti meningkatkan aliran darah hingga membersihkan bakteri dari saluran udara.

Hal ini juga diungkapkan dengan penelitian yang dilakukan oleh Ge Zhou dan koleganya dari berbagai Universitas di China pada tahun 2019. Studi kepada 1.413 orang di China tersebut menemukan mereka yang berolahraga setidaknya tiga kali dalam seminggu mengurangi risiko terkena flu sebesar 26%.

Di sisi lain, Direktur Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Arizona Farshad Fani Marvasti mengatakan dengan berolahraga sel-sel kekebalan akan menjadi lebih efektif. Ini dikarenakan olahraga yang teratur mengurangi risiko peradangan dan memungkinkan sistem kekebalan berjalan dengan baik.

Tetapi, beberapa alasan seperti tidak punya waktu untuk berolahraga kerap dijadikan alasan sebagian orang yang jarang berolahraga. Padahal, menurut pedoman dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) orang dewasa yang sehat setidaknya diharuskan melakukan 150 menit olahraga sedang setiap minggunya.

Untuk mengatasi hal tersebut, sebenarnya ada beberapa beberapa aktivitas kecil yang bisa dilakukan juga untuk meningkatkan imunitas tubuh. Aktivitas tersebut antara lain berjalan kaki, yoga, dan berkebun.

"Olahraga dalam jumlah kecil pun dapat membantu memperkuat sistem kekebalan. Sebagai tambahan 10 menit berjalan kaki sehari atau 1.000 langkah dapat berdampak besar," kata Marvasti dilansir dari Insider.com, Kamis (22/10/2020).

Memang berolahraga di masa pandemi bisa menjadi sangat sulit karena beberapa tempat olahraga ditutup untuk menekan angka penyebarannya. Namun, bila tetap mengikuti pedoman jarak sosial, olahraga dapat membantu membangun kekebalan tubuh, tetapi itu tidak akan sepenuhnya mencegah dari sakit bila langsung terpapar kuman.

Karenanya selain berolahraga ada baiknya untuk tetap menjalankan anjuran 3M dari pemerintah yaitu menjaga jarak, memakai masker selama berada di luar rumah, dan juga mencuci tangan setelah melakukan aktivitas.

Selain berolahraga dan menerapkan protokol kesehatan, melindungi diri dari dalam seperti mengonsumsi suplemen dan multivitamin juga dapat dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Seperti mengonsumsi multivitamin terbaik yaitu Samcorbex guna melengkapi kebutuhan nutrisi harian. PT Samco Farma menghadirkan Samcorbex dengan kandungan B Complex dan vitamin C 500 mg.

SamcorbexSamcorbex Foto: dok. Samco Farma

Konsumsi Samcorbex 1 - 2 kali sehari 1 kaplet salut gula dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama beraktivitas. Selain itu, ada juga Samcemin dengan suplementasi vitamin C 100 mg yang bisa menjaga sistem imun sehingga mencegah infeksi virus Corona.

Saat ini, Samcorbex dan Samcemin bisa didapatkan di apotek-apotek terdekat dan e-commerce seperti Shopee, Lazada dan Tokopedia. Keduanya juga bisa didapatkan melalui distributor-distributor PT Samco Farma yakni, PT Daya Muda Agung, PT Merapi Utama Pharma, dan PT Prima Galvin Sukses untuk area Jabodetabek atau dapat menghubungi Sales Representative, Almer di nomor 081288715581.

Bagi kamu yang berada di luar Jabodetabek, saat ini keduanya bisa ditemukan pada distributor PT Cahaya Mutiara Farma untuk area Jawa Timur, PT Marrykha Mitra Mustika di Jawa Tengah, PT Kwatro mandiri Ekavisi di Jawa Barat, PT Mitra Bina Multi Sejahtera di Sumatera Utara, PT Talang Gugun Sari Nusantara di Sumatera Barat, PT Sinar Prima Lestari di Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Jambi, PT Aditama Makmur Sentosa di Lampung, PT Nitijaya Cipta Makmur di Banjarmasin, PT Sehat Inti Permata di Bali dan Lombok.



Simak Video "Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)