Sabtu, 24 Okt 2020 10:41 WIB

Lepas Dirjen, Achmad Yurianto Jajal Peruntungan Jadi Dewas BPJS Kesehatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB) Foto: Juru bicara penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (dok. BNPB)
Jakarta -

Achmad Yurianto belakangan jadi sorotan usai pelepasan jabatan dari Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI. Pria yang akrab disapa Yuri ini rupanya tercantum juga dalam pendaftar yang lolos administrasi Dewan Pengawas BPJS Kesehatan.

Dalam edaran resmi terkait pendaftar yang lolos administrasi, nama Achmad Yurianto tercantum di sana. Tercatat dengan nomor registrasi K-WAS-I-01/02-00810, pekerjaan ASN Kementerian Kesehatan dan domisili Kota Bogor.

"Dari 253 pendaftar Calon Anggota Dewan Pengawas dan Calon Anggota Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Masa Jabatan Tahun 2021-2026, yang dinyatakan lolos seleksi administrasi sebanyak 184 pendaftar," jelas edaran tersebut, dikutip pada Sabtu (24/10/2020).

Achmad Yurianto kini diketahui menjabat sebagai Staf Ahli Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Menkes Terawan melantik Yurianto pada Jumat (23/10/2020).

Meski belum setahun menjabat sebagai Dirjen P2P, Yurianto mengaku pelepasan jabatan ini sangat wajar terjadi. Yuri menegaskan ini hanyalah mutasi biasa.

"Ini kan mutasi biasa," ujar Yuri, dikutip dari CNNIndonesia.

Wajah Achmad Yurianto mulai tak asing di publik saat kerap tampil dalam update pekembangan Corona di Indonesia. Kala itu, Yurianto bertugas menjadi juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19 dengan menyampaikan angka detail kasus penambahan COVID-19.

Baik kasus positif COVID-19, sembuh, hingga meninggal. Kala menjadi jubir pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto juga sudah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian (P2P) Kemenkes RI.

Menkes Terawan melantik Yurianto sebagai Dirjen P2P tepat pada 9 Maret lalu.

Belakangan, kehadirannya tak lagi ditemui dalam update perkembangan kasus COVID-19 tiap hari. Update perkembangan kasus COVID-19 kini disampaikan Prof Wiku Adisasmito, jubir Satgas COVID-19 secara mingguan.



Simak Video "Terawan Beberkan Alasan Angkat Achmad Yurianto Jadi Staf Ahli Menkes"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)