Senin, 26 Okt 2020 10:05 WIB

Penting! Deteksi Dini Kolesterol Bisa Cegah 5 Penyakit Ini

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Ilustrasi Kolesterol Foto: shutterstock
Jakarta -

Kolesterol tinggi tak hanya dialami oleh orang tua. Saat ini, generasi milenial yang didominasi usia 20 hingga 40 tahun bahkan sudah banyak yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

Mengutip The Washington Post, sebuah studi (2018) menyebutkan lebih dari 21 persen orang dewasa di bawah 39 tahun memiliki kadar kolesterol tinggi. Dari 21 persen orang dewasa tersebut kurang dari 25 persen yang mengetahui faktor risikonya.

Faktor naiknya kadar kolesterol bisa berasal dari berbagai hal antara lain, makanan, diet tidak sehat, obesitas, hingga kurang beraktivitas fisik. Semua hal itu berhubungan dengan gaya hidup yang tidak sehat.

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penyakit-penyakit lain yang lebih parah. Oleh karena itu, kamu perlu mengecek kadar kolesterol sedini mungkin untuk mencegah hal itu. Dengan deteksi dini kolesterol, kamu bisa mencegah risiko 5 penyakit berikut.

Jantung Koroner

Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, kolesterol-kolesterol jahat bisa menumpuk di dinding arteri. Jika dibiarkan dalam waktu lama maka akan semakin menumpuk dan membuat arteri semakin menyempit. Jika sampai tersumbat, maka darah yang membawa O2 tidak bisa menuju jantung dan bisa berakibat serangan jantung.

Stroke

Jika pembuluh darah yang menuju jantung tersumbat mengakibatkan jantung koroner, maka yang terjadi jika pembuluh darah yang menyuplai oksigen dan nutrisi ke otak tersumbat adalah penyakit stroke.

Diabetes

Diabetes juga berhubungan dengan tinggi rendahnya kadar kolesterol dalam tubuh. Orang yang menderita diabetes biasanya mengalami penurunan kolesterol baik (HDL) dan meningkatnya trigliserida serta kolesterol jahat (LDL).

Hipertensi

Penumpukan kolesterol pada dinding arteri dalam waktu lama akan membuat arteri mengeras dan menyempit. Akibat plak dari kolesterol tersebut, jantung harus bekerja lebih keras memompa darah. Sehingga bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Arteri Perifer

Kolesterol juga bisa menyumbat arteri perifer yang merujuk ke penyakit pembuluh darah di luar jantung dan otak. Timbunan kolesterol jahat pada arteri perifer ini bisa menumpuk di sepanjang dinding arteri, terutama yang menuju ke arah kaki dan ginjal.

Itu dia kelima penyakit yang bisa dicegah dengan cara melakukan pengecekan rutin terhadap kadar kolesterol. Kadar kolesterol dapat diturunkan dengan mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah dan sayur serta rutin berolahraga.

Kamu juga bisa bantu menurunkan kadar kolesterol dengan minum Nestlé ACTICOR dua kali sehari setelah makan. Bagi yang suka minuman dingin, Nestlé ACTICOR juga bisa dikonsumsi dengan dikombinasikan bersama es batu atau diminum dalam kondisi dingin.

Nestlé ACTICOR merupakan minuman susu rendah lemak yang mengandung Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung koroner.

Nestlé ACTICOR juga terbuat dari bahan alami dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestlé ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Nestlé ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)