Selasa, 27 Okt 2020 11:20 WIB

Misteri Patient Zero COVID-19, Siapakah Dia?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Patient zero COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Salah satu persoalan pelik dalam setiap wabah adalah menemukan patient zero. Pada pandemi COVID-19 kali ini, siapa dan di manakah keberadaan patient zero masih belum terpecahkan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut patient zero pada pandemi virus Corona COVID-19 akan sangat sulit ditemukan. Sangat mungkin pasien ini tidak berasal dari klaster pertama penularan COVID-19 di Wuhan, China.

Patient zero adalah pasien yang pertama terinfeksi COVID-19. Jika menemukan orang ini, kemungkinan ilmuwan bisa mencari tahu asal muasal wabah dan mencari cara untuk menghentikannya di masa depan.

Kepala program kedaruratan WHO, Michael Ryan, mengatakan patient zero bisa saja adalah seseorang yang berasal dari luar China. Maka dari itu, ia meminta agar seluruh pihak bisa berpikir lebih terbuka dalam penanganan COVID-19 dan tidak terlalu terpaku dengan hal tersebut.

Terlebih saat ini sudah ada bukti yang menunjukkan bahwa sejumlah pasien di luar China telah terinfeksi COVID-19 sebelum negara itu mengonfirmasi kasus pertama.

Ryan menyebut, butuh bertahun-tahun untuk mengidentifikasi patient zero pada kasus MERS (middle east respiratory syndrome). Hal yang sama juga sangat mungkin terjadi pada COVID-19.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan di jurnal kedokteran The Lancet pada 1 Desember 2019, orang yang disebut sebagai patient zero tidak punya kontak dengan Pasar Huanan, yakni tempat yang dicurigai sebagai awal mula penyebaran COVID-19 di Wuhan.

"Itu sebabnya susah mencari tahu hewan atau inang apa yang menyebabkan virusnya lompat ke manusia," kata ahli pernapasan Peking University First Hospital, Wang Guafa.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)