Selasa, 27 Okt 2020 13:51 WIB

Update Pengembangan Vaksin Merah Putih: Oktober Masuk Uji Pada Hewan

Ayunda Septiani - detikHealth
Asian Beautiful Doctor Nurse woman in uniform with stethoscope, rubber gloves, mask check syringe injection, portrait , studio lighting dark background four back light flare silhouette copy space Virus Corona COVID-19 (Foto: iStock)
Jakarta -

Pengembangan vaksin Merah Putih untuk virus Corona COVID-19 mulai menunjukkan hasil positif. Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro mengatakan pada bulan Oktober ini vaksin merah putih sedang mempersiapkan uji pada hewan.

"Saat ini prosesnya di bulan Oktober ini mereka sedang mempersiapkan untuk uji di hewan. Yang kita harapkan bisa selesai dan tentunya mudah-mudahan hasilnya memuaskan pada akhir tahun ini," beber Menristek dalam siaran pers di BNPB melalui kanal YouTube Selasa (27/10/2020).

"Setelah akhir tahun, rencananya, bibit vaksin yang sudah kita anggap teruji pada hewan tersebut atau sel mamalia. Ini akan diserahkan kepada PT Bio Farma, sebagai pihak yang nantinya akan melakukan produksi skala kecil, terutama untuk keperluan uji klinis," lanjutnya.

Selain itu, Prof Bambang menyebutkan, akan mengikuti prosedur uji klinis dalam pembuatan vaksin. Baik itu uji klinis tahap I, II, dan III. Jika telah selesai melalui tahap tersebut, maka selanjutnya akan diserahkan ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Hal ini untuk memutuskan apakah vaksin sudah bisa dipergunakan secara massal.

Menggunakan isolat virus SARS-CoV-2 Indonesia

Menristek menjelaskan bibit vaksin Merah Putih ini menggunakan isolat virus SARS-CoV-2 di Indonesia. Hal ini untuk memastikan vaksin yang dipakai cocok untuk warga negara Indonesia.

"Vaksin COVID-19 yang menggunakan isolat virus yang memang bertransmisi di Indonesia. Dan kemudian pengembangan bibit vaksinnya dikerjakan oleh ahli-ahli Indonesia dan tentunya pada akhirnya produksinya juga dilakukan di Indonesia," pungkasnya.



Simak Video "Sudah Sampai Mana Progres Vaksin Merah Putih Eijkman?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)