Selasa, 27 Okt 2020 19:16 WIB

Vaksin Segera Tersedia, Kapan Pandemi Corona Bisa Berakhir?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: China diam-diam uji coba vaksin Covid-19 pada para pekerja Vaksin akan segera hadir, kapan pandemi Corona bisa berakhir? (Foto: BBC World)
Jakarta -

Direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci mengatakan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif untuk mengakhiri pandemi bisa tersedia dan didistribusikan pada tahun 2021.

"Kita akan tahu apakah vaksin aman dan efektif pada akhir November, awal Desember," kata Dr Fauci yang dikutip dari CNN International, Selasa (27/10/2020).

"Jumlah dosis yang akan tersedia pada Desember nanti pasti tidak akan cukup untuk memvaksinasi semua orang, jadi harus menunggu beberapa bulan hingga 2021," lanjutnya.

Menurutnya, vaksinasi terhadap 'sebagian besar populasi manusia' ini akan memberikan dampak signifikan terhadap penurunan infeksi COVID-19 yang ada saat ini.

Dengan jumlah dosis vaksin yang terbatas dan penerapan protokol kesehatan, Dr Fauci memprediksi akhir pandemi hingga masyarakat bisa menjalani kehidupan normal kembali pada kuartal tiga sampai empat tahun depan.

"Saya memperkirakan gabungan vaksin yang aman dan efektif serta penerapan protokol kesehatan yang ketat hingga kuartal tiga atau empat tahun depan, kita bisa menuju normalitas,".



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)