Rabu, 28 Okt 2020 08:26 WIB

Kematian Pangeran Brunei Abdul Azim Dipicu Kegagalan Multiorgan

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
pangeran azim Sebelum meninggal, pangeran Brunei Abdul Azim mengidap penyakit autoimun yang memicu kegagalan multiorgan (Foto: dok. Getty Images)
Jakarta -

Penyebab kematian pangeran Brunei, Abdul Azim, pekan lalu mulai terungkap. Adik kandungnya, Pangeran Abdul Mateen, mengungkap kondisi detik-detik terakhir sebelum sang kakak berpulang.

Lewat unggahan di Instagram, Pangeran Mateen mengungkap bahwa sang kakak mengidap penyakit autoimun vaskulitis sistemik. Kondisinya disebut 'severe' atau parah sehingga berdampak pada komplikasi.

"Pada akhirnya, kakak saya mengalami kegagalan multiorgan yang disebabkan infeksi menetap, terkait penyakit autoimun, yang membuatnya meninggal pada pagi hari, 24 Oktober 2020," sebut Pangeran Mateen di akun Instagram @tmski.

[Gambas:Instagram]




Pergulatan Pangeran Abdul Azim diperberat oleh gangguan bipolar yang diidapnya. Kondisi kejiwaan ini membuat pengidapnya mengalami perubahan mood atau suasana hati yang ekstrem. Satu ketika bisa sangat bahagia pada fase manic, dan tiba-tiba bisa sangat sedih pada fase depresif.

Pangeran Azim merupakan putra kedua Sultan Haji Hassanal Bolkiah, raja Brunei Darussalam. Pangeran yang meninggal di usia 38 tahun ini juga sekaligus putra kedua Sultan dari istri keduanya, Hajah Mariam.



Simak Video "Gegara COVID-19, Indonesia 'Ditakuti' Negara Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)