Rabu, 28 Okt 2020 22:35 WIB

7 Manfaat Daun Parsley untuk Kesehatan yang Jarang Diduga

Tim detikcom - detikHealth
Halaman 1 dari 3
daun peterseli
Jakarta -

Daun parsley sering digunakan untuk penghias makanan seperti roti yang sempat viral, Korean Garlic Bread. Selain itu, parsley ternyata punya manfaat untuk kesehatan.

Parsley atau peterseli adalah tanaman berbunga asli Mediterania. Dilansir Healthline, selama bertahun-tahun, parsley telah digunakan untuk mengobati kondisi seperti tekanan darah tinggi, alergi, dan penyakit radang.

Saat ini, parsley banyak digunakan sebagai ramuan kuliner segar atau bumbu kering. Warnanya hijau cerah dan memiliki rasa yang lembut dan pahit yang cocok dengan banyak resep.

Berikut adalah 7 manfaat daun parsley untuk kesehatan:

1. Mengandung banyak nutrisi penting

Parsley menawarkan lebih banyak nutrisi daripada yang diduga orang. 1/2 cangkir (30 gram) parsley cincang segar mengandung:

-Kalori: 11 kalori
-Karbohidrat: 2 gram
-Protein: 1 gram
-Lemak: kurang dari 1 gram
-Serat: 1 gram
-Vitamin A: 108% dari Reference Daily Intake (RDI)
-Vitamin C: 53% dari RDI
-Vitamin K: 547% dari RDI
-Folat: 11% dari RDI
-Kalium: 4% dari RDI

Ramuan ini kaya akan banyak vitamin, terutama vitamin K, yang dibutuhkan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.

Parsley juga merupakan sumber vitamin A dan C, nutrisi penting yang mengandung antioksidan.


2. Kaya akan antioksidan

Parsley mengandung banyak antioksidan kuat yang bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan adalah senyawa yang mencegah kerusakan sel dari molekul yang disebut radikal bebas.

Tubuh Anda membutuhkan keseimbangan antioksidan dan radikal bebas yang sehat untuk menjaga kesehatan yang optimal. Antioksidan utama dalam parsley adalah:

-flavonoid
-karotenoid
-vitamin C

Studi menunjukkan bahwa diet kaya flavonoid dapat menurunkan risiko seperti kanker usus besar, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Selanjutnya, beta karoten dan lutein adalah dua antioksidan yang dikenal sebagai karotenoid. Sejumlah penelitian menyebutkan asupan karotenoid yang lebih tinggi memiliki kaitan dengan menurunnya risiko penyakit tertentu, termasuk kanker paru-paru.

Vitamin C juga memiliki efek antioksidan yang kuat dan berperan penting dalam mendukung kesehatan kekebalan dan melindungi dari penyakit kronis.

Menariknya, parsley kering mungkin lebih tinggi antioksidannya daripada yang segar. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa ramuan kering memiliki kandungan antioksidan 17 kali lebih banyak daripada yang segar.

(nwy/pal)