Rabu, 28 Okt 2020 23:28 WIB

6 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Tim detikcom - detikHealth
daun pandan Foto: iStock/6 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui
Jakarta -

Daun pandan terkenal karena aromanya yang wangi. Biasanya daun ini digunakan untuk penyedap masakan mulai dari kudapan sampai menanak nasi. Namun rupanya daun pandan ini juga punya manfaat bagi kesehatan.

Pandan paling memang paling sering dikonsumsi sebagai penyedap masakan terutama di kawasan Asia. Kemudian berkembang diolah menjadi beragam minuman seperti teh daun pandan dan sirop.

Bahkan daun pandan ini kemudian digunakan dalam campuran minuman kopi kekinian di Indonesia. Belakangan daun ini juga diekstraksi untuk dijadikan minyak esensial atau dijadikan pasta.

Daun pandan sangat mudah ditanam. Banyak orang yang menanam daun pandan tanpa perawatan yang sulit.

Baca juga: Herbal: Pandan

Porsi Konsumsi

Karena pandan memiliki rasa yang wangi, konsumsi satu atau dua ikat daun pandan biasanya sudah lebih dari cukup. Ketahuilah bahwa daun segar meninggalkan aroma yang jauh lebih kuat daripada yang dibekukan atau dikeringkan.

Cara Mempersiapkan Pandan

Daun pandan dapat ditambahkan langsung ke dalam panci berisi nasi, kolak, dan dimasak sampai bumbu meresap ke dalam masakan. Angkat dan buang daunnya sebelum dimakan.

Pembuatan infused water juga populer digunakan. Cincang halus daunnya, campur dengan air, dan haluskan. Tunggu beberapa menit, lalu saring campuran.


Selain masakan, daun pandan bermanfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat daun pandan dilansir Webmd dan Healthline:

1. Kesehatan Mata

Khasiat obat pandan telah dikenal selama berabad-abad dan ilmuwan modern baru-baru ini mulai meneliti manfaatnya secara lebih ekstensif.

Penelitian pendahuluan tentang daun pandan telah mengidentifikasi sejumlah manfaat kesehatan seperti vitamin, mineral, dan antioksidan penting.

Misalnya, pandan kaya akan vitamin A, senyawa penting untuk kesehatan mata yang bahkan dapat membantu mencegah kanker.

Beberapa vitamin dan antioksidan dalam daun pandan lainnya antara lain:

-Beta karoten
-Vitamin C
-Thiamin
-Riboflavin
-Niacin

Meski diperlukan lebih banyak penelitian, banyak manfaat kesehatan potensial dari pandan yang telah ditemukan, seperti:

2. Arthritis dan Pereda Nyeri Sendi

Pandan selama ini digunakan sebagai obat tradisional. Perannya yakni dapat meredakan nyeri, terutama artritis dan nyeri sendi.

Para peneliti telah menemukan bahwa minyak yang terbuat dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia yang dikenal dapat meredakan gejala radang sendi. Sebagai manfaat tambahan, daun pandan juga dapat membantu meringankan sakit kepala dan sakit telinga.

3. Pencegahan Penyakit Jantung

Studi mendukung klaim bahwa daun pandan baik untuk jantung. Daun pandan ternyata merupakan sumber karotenoid yang sangat baik.

Hal ini diketahui dapat mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

4. Perawatan Kulit

Di Asia Tenggara, daun pandan yang dikeringkan dan dihancurkan sering digunakan sebagai pengobatan untuk luka bakar ringan, sengatan matahari, dan masalah kulit lainnya. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan, penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa asam tannic dalam pandan memberikan pendinginan yang cepat untuk luka bakar ringan.

5. Kontrol Gula Darah

Mengkonsumsi pandan dapat membantu orang lebih mengontrol gula darahnya setelah makan. Diperlukan lebih banyak penelitian akan hal itu, tetapi beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan memiliki gula darah lebih rendah daripada yang tidak mengonsumsinya.

6. Tingkatkan Kesehatan Mulut

Manfaat daun pandan berikutnya yakni dapat meningkatkan kesehatan mulut. Mengunyah daun pandan dapat menyegarkan napas karena aromanya yang wangi.

Beberapa praktik pengobatan nonbarat juga menggunakan teknik ini untuk menghentikan gusi berdarah. Namun, efek ini perlu diteliti lebih lanjut.

Menurut Healthline, efek samping daun pandan belum diketahui secara persis. Namun pandan disebut bisa saja menimbulkan diare jika dikonsumsi terlalu banyak.



Simak Video "Tingkatkan Imun Tubuh, Bikin Infused Water Yuk!"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/pal)