Kamis, 29 Okt 2020 17:40 WIB

Sudah Sejauh Mana Persiapan Vaksinasi COVID-19 di Indonesia? Ini Kata Satgas

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Perkembangan vaksinasi COVID-19 di Indonesia. (Foto ilustrasi: BBC World)
Jakarta -

Prof Wiku Adisasmito selaku Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 menjelaskan terkait kesiapan vaksinasi di Indonesia. Dalam pemaparannya, saat ini konteks vaksinasi di 34 provinsi Indonesia pengembangannya sudah sesuai dengan roadmap yang disusun Kementerian Kesehatan RI.

"Persiapan vaksinasi ini mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk logistik termasuk kesiapan sumber daya manusianya," jelas Prof Wiku dalam siaran pers di kanal Youtube BNPB, Kamis (29/10/2020).

"Dan berdasarkan data dari Kemenkes secara logistik, kesiapan prosedur untuk menjaga suhu vaksin dengan tujuan untuk menjaga kualitas dan efektivitasnya sudah berjalan dengan baik," lanjutnya.

Prof Wiku menjelaskan saat ini rata-rata suhu vaksin yang berfungsi di Indonesia mencapai 97 persen.

Sedangkan untuk SDM, baik dari tenaga kesehatan seperti dokter umum, dokter spesialis, perawat, dan bidan, sudah disiapkan sebanyak rata-rata sebanyak 739.722 orang.

Selain itu, tenaga kesehatan lain yaitu vaksinator juga mulai disediakan di puskesmas maupun rumah sakit sebanyak 23.145. Dengan persiapan seperti ini, vaksinasi bisa berjalan aman dan sukses.

"Kami percaya, vaksinasi yang sukses adalah yang aman, efektif. Kami juga berharap masyarakat bisa sabar untuk menanti vaksinasi dengan sabar dan tetap mematuhi protokol kesehatan," kata Prof Wiku," ujarnya.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)