Sabtu, 31 Okt 2020 05:00 WIB

7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui

Tim detikcom - detikHealth
Halaman 1 dari 3
Bunch of fresh green onions on dark or neutral wooden background Foto: iStock/7 Manfaat Daun Bawang untuk Kesehatan yang Tidak Diketahui
Jakarta -

Daun bawang adalah salah satu bumbu andalan ibu-ibu untuk masakan. Memakai daun bawang sebagai bumbu masakan diyakini akan menambah cita rasa..

Daun bawang termasuk keluarga Allium, sama dengan bawang merah dan bawang putih. Orang Yunani dan Romawi menyukai daun bawang. Mereka menganggap suara mereka semakin bagus dengan mengonsumsi daun bawang.

Ternyata selain untuk bumbu, semua varietas daun bawang bergizi dan dianggap menawarkan sejumlah manfaat kesehatan.


Berikut 7 manfaat daun bawang untuk kesehatan dilansir healthline:

1. Mengandung Berbagai Macam Nutrisi

Daun bawang kaya nutrisi, artinya rendah kalori namun tinggi vitamin dan mineral. Satu porsi 3,5 ons (100 gram) daun bawang yang dimasak hanya memiliki 31 kalori.

Pada saat yang sama, mereka sangat tinggi karotenoid provitamin A, termasuk beta karoten. Tubuh Anda mengubah karotenoid ini menjadi vitamin A, yang penting untuk penglihatan, fungsi kekebalan, dan reproduksi.

Selain itu juga merupakan sumber vitamin K1 yang baik, yang diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan jantung.

Daun bawang juga sangat kaya akan vitamin C, yang membantu kesehatan kekebalan, perbaikan jaringan, penyerapan zat besi, dan produksi kolagen.

Faktanya, mereka menawarkan sekitar dua kali lebih banyak vitamin C dari jumlah jeruk yang sama.

Bahkan, daun bawang merupakan sumber mangan yang baik, yang dapat membantu mengurangi gejala sindrom pramenstruasi (PMS) dan meningkatkan kesehatan tiroid.

Terlebih lagi, mereka menyediakan sedikit tembaga, vitamin B6, zat besi, dan folat.

2. Sumber Antioksidan

Daun bawang merupakan sumber antioksidan yang kaya, terutama polifenol dan senyawa sulfur. Antioksidan melawan oksidasi, yang merusak sel Anda dan berkontribusi pada penyakit seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Daun bawang adalah sumber kaempferol yang sangat bagus, antioksidan polifenol yang dianggap melindungi terhadap penyakit jantung dan beberapa jenis kanker.

Mereka juga merupakan sumber allicin yang bagus, senyawa sulfur bermanfaat yang sama yang memberi bawang putih sifat antimikroba, penurun kolesterol, dan potensi antikanker.

(nwy/pal)