Sabtu, 31 Okt 2020 11:02 WIB

CDC Temukan Penularan COVID-19 di Anggota Keluarga Terjadi dengan Cepat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal
Jakarta -

Studi baru yang dilakukan Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS (CDC) menemukan penyebaran dan penularan COVID-19 di dalam anggota keluarga bisa terjadi dengan cepat.

Orang yang terpapar atau dicurigai mengidap COVID-19 harus diisolasi sebelum dites untuk melindungi orang lain yang ada di dalam rumah.

"Mengisolasi dengan cepat dapat mengurangi penularan di rumah. Orang yang dicurigai mengidap COVID-19 harus isolasi diri dan menggunakan kamar tidur dan kamar mandi terpisah jika memungkinkan," tulis CDC dalam jurnal Morbidity and Mortality Weekly Report.

Sebagai tambahan, semua anggota keluarga juga harus memakai masker setiap saat jika memungkinkan.

Penelitian ini adalah bagian dari studi yang dilakukan CDC saat mengamati 101 orang yang terinfeksi di Nashville, Tennessee, dan Marshfield, Wisconsin, antara April dan September.

Hasilnya lebih dari setengah orang atau 53 persen anggota keluarga terinfeksi dalam waktu seminggu. Sekitar 75 persen dari infeksi juga terjadi dalam lima hari sejak gejala pertama pada pasien awal.

"Temuan penting dari penelitian ini adalah bahwa kurang dari setengah anggota rumah tangga dengan infeksi SARS-CoV-2 yang dikonfirmasi melaporkan gejala pada saat infeksi pertama kali terdeteksi," tambah penulis.



Simak Video "CDC Salah Posting soal Penularan Virus Corona Lewat Airborne"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)