Minggu, 01 Nov 2020 15:08 WIB

Jaksel, Depok, Bekasi Mati Lampu! Puasa Medsos Dulu, Ada Manfaatnya Lho

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Main Hp Malam Hari Manfaat puasa bermain media sosial. (Foto ilustrasi: Istimewa)
Jakarta -

Beberapa daerah di Jakarta, Depok, dan Bekasi mati lampu siang ini. Pemadaman di sejumlah wilayah khususnya di Jakarta disebut karena gangguan sistem.

"Benar (padam). Info sementara, ada gangguan di sistem 500/150 kV Jakarta yang mengakibatkan sebagian Jakarta mengalami pemadaman," kata General Manager PLN Disjaya Doddy B Pangaribuan kepada detikcom, Minggu (1/11/2020).

Saat listrik padam, tentu sebagian warga memilih untuk meninggalkan gadget sementara akibat kehabisan baterai. Tak ada salahnya untuk menghemat baterai terlebih dulu sekaligus puasa media sosial.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari puasa media sosial. Salah satunya adalah bisa lebih mengenali diri sendiri.

Apa saja manfaatnya?

"Lebih bisa kenal sama dirinya. Menyadari sebenarnya apa yang sedang terjadi karena kadang kita suka overwhelmed sama berita yang ada, kemudian kita tambah cemas. Dengan detoks digital kita lebih bisa punya waktu sendiri untuk rileks, tenang, dan lebih bisa berpikir," kata Linda Setiawati MPsi, psikolog klinis beberapa waktu lalu.

Selain itu, psikolog klinis Veronica Adesla MPsi, menyebut manfaat puasa medsos juga tak hanya untuk diri sendiri tetapi untuk teman dekat atau keluarga. Pasalnya, seseorang bisa lebih peduli pada suatu topik yang sedang dibicarakan.

"Manfaatdetoks digital itu lebih ke 'here and now', lebih sadar. Di waktu ini kita ada di sini. Nggak cuma tubuh kita aja tapi juga pikiran dan hati kita. Kita lebih aware dengan topik yang dibicarakan dan dengan siapa kita berinteraksi," jelas Veronica beberapa waktu lalu.



Simak Video "Serba-serbi Vaksinasi Gotong Royong untuk Karyawan dan Keluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)