Senin, 02 Nov 2020 15:02 WIB

Pakai Masker Bikin Jerawatan? Ini Kata Dokter Kulit

Firdaus Anwar - detikHealth
Hands holds new protective face mask In transparent pouch. Close-up shot. Jerawat muncul karena kondisi kulit yang lebih lembab. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrei Nasonov)
Jakarta -

Memakai masker di luar rumah menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan untuk melindungi diri di tengah pandemi virus Corona COVID-19. Terkait itu, sebagian orang mengeluh pemakaian masker membuat wajah jadi lebih mudah berjerawat.

Spesialis kulit dr Walter J. Liszewski dari Northwestern Medicine Department of Dermatology menjelaskan memang masker dapat membuat kulit jadi lebih lembab. Dampaknya bakteri penyebab jerawat mudah berkembang dan menyebabkan masalah.

"Jerawat yang biasanya timbul karena masker ini bintik-bintik kecil, seperti rosacea," kata Walter seperti dikutip dari Northwestern Medicine, Senin (2/10/2020).

"Orang-orang yang dulu tidak pernah punya masalah jerawat, karena hal ini mungkin juga bisa mengalaminya," lanjut Walter.

Selain pemakaian maker, stres tambahan akibat isolasi di masa pandemi juga disebut bisa memperburuk kondisi kulit.

Walter menyarankan bila mengalami masalah jerawat yang seperti ini maka sebaiknya lakukan terapi gabungan antara obat kulit dengan upaya melepas stres.



Simak Video "Virus Corona Mengancam Kerusakan Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)