Selasa, 03 Nov 2020 06:27 WIB

5 Makanan Penyebab Diare, Hindari Kalau Nggak Mau Mulas di Kantor!

Farah Nabila - detikHealth
Toilet Makanan tertentu bisa memicu diare (Foto: iStock)
Jakarta -

Diare adalah penyakit yang membuat penderita mengalami buang air besar lebih sering dari biasanya. Penyakit ini dapat disebabkan oleh virus dan bakteri yang ingin dikeluarkan oleh tubuh.

Makanan tertentu juga dapat memicu seseorang menderita diare. Jika Anda memiliki intoleransi makanan, makanan tertentu dapat menyebabkan diare atau buang air besar. Makanan yang memicu diare dapat berbeda-beda pada setiap orang, namun penyebab utamanya termasuk susu, makanan pedas dan sayuran tertentu.

Dikutip dari Health Line, berikut beberapa makanan yang dapat memicu diare:

1. Makanan pedas

Makanan pedas merupakan penyebab paling umum dari diare. Ini karena makanan pedas mengandung bumbu yang kuat dan tak bisa ditolerir tubuh.

Cabai rawit dan campuran kari adalah penyebab paling umum. Bahan kimia yang disebut capcaisin dapat memberikan panas pada cabai. Capsaicin pada cabai bisa mengiritasi sistem pencernaan. Ini dapat menyebabkan perut terbakar dan rasa tidak nyaman lainnya.

2. Pengganti gula

Pengganti gula yang termasuk pemanis buatan seperti aspartam, sakarin, sukralosa, dan alkohol gula seperti manitol, sorbitol dan xylitol dapat menjadi penyebab diare. Beberapa pengganti gula dapat mengganggu sistem pencernaan. Makan atau minum gula alkohol, khususnya, dapat memiliki efek pencahar, menyebabkan diare dan gas.

3. Susu dan produk susu lainnya

Jika Anda mengalami diare setelah minum susu atau makan produk susu, mungkin ada memiliki intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa adalah tubuh tidak memiliki enzim yang dapat memecah gula dalam produk susu. Intoleransi laktosa adalah penyebab umum diare kronis.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Bahaya Jika Makan Terlalu Cepat"
[Gambas:Video 20detik]