Rabu, 04 Nov 2020 10:35 WIB

Bisa Terjadi pada Anak, Kenali Risiko dan Cara Cegah Stroke

Abu Ubaidillah - detikHealth
World Stroke Day 2020 (4) Foto: detikcom
Jakarta -

Masih dalam momen Hari Stroke Sedunia (World Stroke Day) 2020 yang diperingati setiap tanggal 29 Oktober, masyarakat perlu mengetahui penyakit stroke tidak hanya menyerang kalangan dewasa hingga tua saja, namun anak-anak muda pun memiliki risiko yang sama.

Melansir dari American Stroke Association, penyakit stroke juga bisa terjadi pada anak-anak, bayi, bahkan sebelum mereka lahir ke dunia. Faktor risiko yang bisa menyebabkan stroke terjadi antara lain penyakit jantung bawaan, gangguan pada plasenta, gangguan pembekuan darah, hingga infeksi lainnya.

Menjalani gaya hidup sehat sangat penting dilakukan untuk mencegah stroke terjadi. Di antaranya ialah makan makanan yang sehat, aktif secara fisik, memperhatikan berat badan, hidup bebas tembakau, serta kontrol tekanan darah, kolesterol, gula darah, dan diabetes.

Supaya tahu lebih dalam mengenai gejala, penyebab, hingga cara mencegah stroke yang tepat, Anda bisa mengikuti acara World Stroke Day 2020 yang akan disiarkan secara streaming di detikcom pada tanggal 6 November 2020 pukul 16.00 WIB.

Acara ini merupakan kolaborasi antara Transmedia dan detikcom dengan Kementerian Kesehatan, Rumah Sakit PON (Pusat Otak Nasional), dan Indonesia Stroke Society serta didukung oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Akan ada tiga segmen pada acara ini, pertama Talkshow: Burden Stroke and How to Build The Stroke System, kedua Talkshow: I am a Woman, Stroke Affected Me, Stroke Affected Everyone, ketiga Join Movement: Performance by Isyana Sarasvati, Dance 4 steps & Brain Exercise.

Para pakar akan berbicara mengenai stroke untuk memberi wawasan lebih lanjut kepada masyarakat Indonesia. Mulai dari dr. Yohanna Kusuma, Sp.S, Cert. Neurosonology ASN (USA) & WFN-NSRG; Prof. dr. Jusuf Misbach, Sp.S(K), FAAN; Indonesia Stroke Ambasador, Putri Tanjung; dr. Indah Aprianti putri, Sp.s (MSc Stroke-Med); hingga dr. Mohammad Arief Rachman Kemal, Sp.S yang akan dipandu oleh host Feni Rose.

Selain itu dalam acara ini juga akan ada greetings dari dokter-dokter di daerah, seperti Ketua Umum PP PERDOSSI, Dr. dr. Dodik Tugasworo Pramukarso, Sp. S(K); Prof. Dr. dr. Hasan Sjahrir, Sp.S(K); Dr. dr. Muhammad Hamdan, Sp.S(K); hingga dr. Muhammad Akbar, Sp.S(K), Ph.D. Ada pula testimoni yang akan diberikan oleh Pebalap Nasional, Rifat Sungkar; dr. Rayhan Maditra Indrayanto (cucu Prof. Mahar); dan Ir. Adi Indrayanto, M.Sc., Ph.D (putra Prof. Mahar).

Ikuti acaranya untuk mengetahui lebih lanjut tentang penyakit stroke serta langkah-langkah efektif mencegahnya. Saksikan hanya di detikcom klik link ini, 6 November 2020 pukul 16.00 WIB- selesai.



Simak Video "Kerja Tak Kenal Waktu, Ini Risikonya untuk Kesehatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)