Kamis, 05 Nov 2020 08:05 WIB

Mohon Bersabar! Vaksin COVID-19 Diprediksi Belum Bisa Disuntikkan Tahun Ini

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksin Virus Corona dari Oxford Diharapkan Siap Akhir Tahun 2020 Ilustrasi suntik vaksin. (Foto: ABC Australia)
Jakarta -

Sampai saat ini belum ada kepastian soal kapan vaksin COVID-19 bisa rampung meski uji klinis fase 3 sudah dijalankan oleh beberapa pengembang vaksin.

Kandidat vaksin potensial yang dikembangkan Universitas Oxford dan AstraZeneca, misalnya, belum bisa memastikan apakah vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan bisa tersedia tahun ini.

Direktur uji klinis vaksin Oxford University Andrew Pollard mengatakan kepada komite Science dan Teknologi Parlemen Inggris bahwa ia mengharapkan data uji klinis tahap akhir vaksin COVID-19 bisa tersedia sebelum akhir 2020. Namun saat ditanyai soal penggunaanya, dia mengatakan belum bisa memastikan apakah bisa dipakai tahun ini.

"Kami semakin dekat (dengan hasil akhir uji klinis), tetapi belum sampai di sana... Kecil kemungkinan vaksin akan tersedia sebelum Natal tahun ini," kata Andrew Polland, dikutip dari CNBC International.

Layanan Kesehatan Nasional (NHS) di Inggris sedang bersiap untuk mulai mendistribusikan kemungkinan vaksin COVID-19 sebelum Natal jika ada yang siap pada akhir tahun.

Vaksin Oxford-AstraZeneca diharapkan menjadi salah satu yang pertama dari farmasi besar yang dikirimkan untuk persetujuan regulasi, bersama dengan vaksin Pfizer dan BioNTech.

Pengembangan vaksin Oxford dimulai pada bulan Januari. Disebut AZD1222, atau ChAdOx1 nCoV-19, vaksin vektor virus dibuat dari versi lemah dari virus flu biasa yang menyebabkan infeksi pada simpanse.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)