Jumat, 06 Nov 2020 17:30 WIB

Biden Vs Trump di Pilpres Amerika 2020: Begini Kebijakan Masing-masing Terkait Kesehatan

Puti Yasmin - detikHealth
Pemilu Amerika: Hasil ketat suara Trump dan Biden, mungkinkah hasilnya ditentukan di pengadilan? Foto: BBC World/Biden Vs Trump di Pilpres Amerika 2020: Begini Kebijakan Masing-masing Terkait Kesehatan
Jakarta -

Pemilihan presiden atau pilpres Amerika 2020 menjadi topik hangat yang ramai dibicarakan masyarakat. Persaingan kandidat presiden AS ini memunculkan banyak pencarian terkait Biden Vs Trump di media sosial.

Seperti diketahui, baik Joe Biden maupun Donald Trump telah memaparkan kebijakan mereka di berbagai panggung kampanye dan debat. Nah, seperti apa cara mereka menggaet hati pemilihnya dari segi kesehatan?

Kebijakan yang ditawarkan kedua kandidat ini memang banyak perbedaan. Berikut rencana kebijakan kesehatan yang disampaikan Biden dan Trump selama pilpres Amerika 2020.

Berikut kebijakan kesehatan Biden Vs Trump:

1. Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 tengah berlangsung selama hampir satu tahun ini. Bahkan, beberapa ahli memperkirakan pandemi ini akan berlangsung hingga beberapa tahun ke depan.

Para calon presiden Amerika, Biden dan Trump menyebutkan beberapa kebijakan selama pemilu yang akan dikeluarkan bila berhasil menang.

Biden mengaku akan mempertimbangkan ilmu pengetahuan atau science dalam mengatasi pandemi. Ia juga akan turut mendorong pemerintah pusat untuk menangani pandemi COVID-19.

Sedangkan lawannya, Trump mengatakan akan menyerahkan keputusan penanganan virus corona kepada pemimpin wilayah agar tepat.

"Langkah Trump telah sangat jelas bergantung pada gubernur atau wali kota, untuk memilih kebijakan yang sesuai kondisi geografis wilayahnya," kata pimpinan American Action Forum Douglas Holtz-Eakin.

2. Affordable Care Act

Affordable Care Act (ACA) merupakan asuransi nasional di bidang kesehatan. Dengan adanya ini, seluruh masyarakat memungkinkan memiliki akses kesehatan dan bisa menekan risiko malapraktik.

Menurut Wakil Presiden Eksekutif untuk kebijakan kesehatan di Kaiser Family Foundation, Larry Levitt Trump berusaha untuk menghentikan ACA. Sedangkan, Biden ingin mendorong kebijakan ini.

"Presiden Trump sejak hari pertama berusaha menggagalkan atau menghentikan ACA, sedangkan Joe Biden ingin membangun dan memperluasnya," jelas dia.

Adapun, ACA digagas pertama kali oleh Presiden Barack Obama. Dalam salah satu poinnya, peserta dengan kondisi bawaan bisa mendapat perlindungan dan tidak perlu membayar mahal

3. Biaya obat dan pelayanan kesehatan

Biden Vs Trump kembali menjadi perbincangan dalam kebijakan biaya obat dan pelayanan kesehatan. Pasalnya, mereka berdua memiliki keinginan yang sama.

Biden dan Trump diketahui ingin menurunkan harga obat. Mereka juga ingin adanya transparansi rumah sakit dan perusahaan asuransi dalam penyediaan layanan sehingga layanan semakin meningkat.

Selama menjabat, Trump telah menerbitkan beberapa aturan terkait hal ini. Saat ini, rumah sakit dan asuransi wajib mengungkapkan negosiasi harga pada pengguna layanan.

4. Medicare dan Medicaid

Kebijakan kesehatan Biden Vs Trump adalah program Medicare dan Medicaid. Medicare sendiri adalah asuransi kesehatan bagi warga Amerika yang berusia lebih dari 65 tahun atau mengalami keterbatasan fisik.

Sedangkan, Medicaid merupakan program layanan kesehatan 100% bagi masyarakat miskin di Amerika. Kedua hal ini menjadi adalah program kesehatan negara yang melindungi 115 juta warga Amerika.

Dalam program ini, Trump diketahui ingin mengalihkan pengelolaan kepada sektor swasta dan menyerahkan kendali pada negara bagian. Kemudian untuk Medicare, ia ingin menurunkan biaya obat yang ditanggung pemerintah dalam Medicare.

Selain itu, Trump juga ingin memangkas pengeluaran untuk Medicaid dan orang-orang yang perlu ditanggung. Sementara itu, Biden diketahui ingin memperluas kriteria warga yang layak mendapatkan Medicare dan Medicaid

Adapun, Medicare boleh didapatkan bagi warga Amerika yang berusia 60 tahun. Hal itu juga dilakukan Biden sambil ingin membuat program kesehatan yang baru.

Kebijakan kesehatan Biden Vs Trump, Bagusan Mana Nih?



Simak Video "Tambah 90 Ribu Kasus Corona Saat Pemilu AS 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pal)