Senin, 09 Nov 2020 15:01 WIB

Kabar Baik! Vaksin COVID-19 AstraZeneca Diperkirakan Siap Pakai Akhir Desember

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Vaksin COVID-19 AstraZeneca disebut siap digunakan akhir Desember. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Oxford dan AstraZeneca diperkirakan siap digunakan di akhir tahun atau di akhir September. Saat ini vaksin COVID-19 AstraZeneca disebut tinggal menunggu persetujuan dari regulator.

"Otoritas regulasi terus bekerja dengan data kami. Jika mereka cepat saat kami siap, kami bisa mulai memvaksinasi orang pada Januari, mungkin pada akhir Desember," kata CEO AstraZeneca Pascal Soriot dikutip dari SCMP.

Seperti yang diketahui, perusahaan farmasi asal Swedia ini bekerja sama dengan Universitas Oxford di Inggris untuk memproduksi vaksin COVID-19 yang dianggap sebagai salah satu kandidat vaksin yang potensial untuk mengakhiri pandemi.

Vaksin tersebut memasuki uji coba fase 3 pada bulan September. Uji klinis sempat dihentikan sementara karena masalah kesehatan dengan peserta di Inggris, tetapi tak lama kemudian, uji klinis dilanjutkan.

Sudah ada beberapa negara yang 'mengamankan' dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca termasuk Uni Eropa, Amerika Serikat, Brasil, Inggris, dan Jepang. Mereka telah menandatangani kontrak awal dengan AstraZeneca untuk pengiriman vaksin jika telah disetujui.

Indonesia diketahui menjalin kerja sama pengadaan vaksin AstraZeneca. Indonesia menyatakan permintaan akan kandidat vaksin dari AstraZeneca untuk pengadaan sebesar 100 juta dosis pada 2021.

Sempat ada kabar Indonesia batal beli vaksin COVID-19 AstraZeneca. Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto membantah kabar tersebut.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)