Rabu, 11 Nov 2020 15:54 WIB

Eunha GFRIEND Kena Radang Kornea Mata, Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Firdaus Anwar - detikHealth
eunha gfriend Eunha dari GFRIEND rehat karena masalah radang mata. (Foto: ist)
Jakarta -

Personel GFRIEND, Eunha, memutuskan rehat dari panggung K-Pop karena masalah peradangan kornea mata. Sebelumnya Eunha diketahui sempat tampil sambil memakai penutup mata.

"Eunha didiagnosis dengan peradangan kornea dan mengikuti nasehat dokter harus beristirahat agar kondisinya tidak memburuk. Kami memutuskan dia akan istirahat selama tiga hari mulai dari sekarang," tulis agensi GFRIEND, Source Music, kemarin seperti dikutip dari Soompi pada Rabu (11/11/2020).

Dikutip dari Mayo Clinic, radang kornea atau disebut juga keratitis ditandai dengan mata yang tampak merah dan terasa nyeri. Seseorang juga bisa mengalami semacam gangguan pada penglihatannya.

Kondisi keratitis yang ringan biasanya bisa sembuh dengan pengobatan yang tepat tanpa menyebabkan gangguan serius. Namun, pada kasus parah, keratitis yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan gangguan penglihatan permanen

Berikut beberapa hal yang diketahui bisa menyebabkan peradangan kornea:

1. Lensa kontak

Infeksi oleh bakteri, virus, fungi, dan parasit yang terjadi di daerah kornea mata diketahui dapat menyebabkan peradangan. Hal ini biasanya terjadi ketika seseorang memakai lensa kontak yang kotor sehingga kuman penyakit dapat menempel dan menginfeksi mata.

2. Cedera

Cedera yang terjadi di bagian kornea mata dapat memicu peradangan. Biasanya ini terjadi ketika ada benda asing yang masuk ke mata melukai atau menggores permukaan kornea.

Permukaan kornea yang terluka juga bisa jadi tempat masuk bagi kuman penyakit penyebab infeksi.

3. Air kotor

Beberapa orang bisa mengalami masalah peradangan ketika matanya terpapar oleh air yang terkontaminasi, misalnya ketika berenang di laut, sungai, atau kolam renang. Di dalam air tersebut terdapat kuman penyakit yang dapat menginfeksi mata.



Simak Video "Muncul Infeksi Jamur Kuning di India, Susul Kasus Jamur Hitam-Putih"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)