Kamis, 12 Nov 2020 08:02 WIB

CDC Perbarui Pedoman, Ini Masker Aman dan yang Dilarang Dipakai Cegah COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
London, January 26, 2020. People wearing a face masks to protecting themself because of epidemic in China. Selective Focus. Concept of coronavirus quarantine. MERS-Cov, middle East respiratory syndrome coronavirus, Novel coronavirus 2019-nCoV. Ilustrasi pakai masker. (Foto: Powerofflowers)


Dua jenis masker yang tak disarankan CDC

Masker N95

CDC tak menyarankan untuk membeli masker N95 untuk penggunaan pribadi. Meski N95 efektif menangkal COVID-19, masker ini harus dipastikan selalu tersedia bagi tenaga medis karena mereka yang lebih membutuhkan masker N95.

"Jangan membeli masker N95 untuk penggunaan pribadi Anda," kata CDC.

Selain itu, masker N95 harus dipasang sesuai dengan bentuk wajah seseorang. Sementara masyarakat biasa kemungkinan tak memiliki kemampuan terkait itu.

"Selain itu, masker N95 harus dipasang agar sesuai dengan kontur unik wajah setiap dokter atau perawat. Anda dan orang yang Anda cintai tidak memiliki akses ke keahlian ahli semacam itu," lanjut CDC.

Ahli juga menyarankan agar berhati-hati membeli masker N95. Banyak beredar masker serupa yang ternyata tak memiliki kemampuan yang sama seperti masker N95 aslinya.

"Dan terutama berhati-hatilah dengan masker yang mirip N95 yang dijual di distributor ritel besar," kata Dr Marybeth Sexton, asisten profesor kedokteran di divisi penyakit menular di Emory University di Atlanta, mengatakan kepada CNN baru-baru ini.

Masker 'exhaust' atau yang memiliki katup

Masker exhaust atau yang memiliki katup termasuk masker yang tak disarankan CDC untuk mencegah tertular COVID-19. CDC menyebut masker jenis ini banyak digunakan beberapa komunitas atau masyarakat.

"Beberapa dari masker N95 yang digunakan komunitas itu memiliki katup pernafasan di dalamnya," katanya.

"Mereka memang membuatnya lebih nyaman untuk dipakai, tetapi Anda tidak melindungi orang-orang di sekitar Anda, ini membuat aliran udara Anda langsung ke lingkungan," tegas CDC.

Masker jenis ini malah bisa memperburuk kondisi. Mengapa begitu?

"Ini sebenarnya dapat memperburuk keadaan karena itu memusatkan napas Anda ke dalam katup itu, memungkinkannya masuk dengan beberapa kekuatan dan tetesan dapat bergerak sedikit lebih jauh. Jadi kami sangat menyarankan agar orang tidak memakai masker yang memiliki katup pernapasan," pungkasnya.

Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(naf/up)