Kamis, 12 Nov 2020 11:05 WIB

12 November Hari Kesehatan Nasional 2020, Ini Tema dan Rangkaian Kegiatannya

Lusiana Mustinda - detikHealth
Anugerah Menteri Kesehatan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-55 digelar di Jakarta. Sejumlah pihak meraih penghargaan dalam ajang ini. Foto: Istimewa
Jakarta -

Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke 56 tahun 2020 dirayakan pada tanggal 12 November. Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menghimbau kepada seluruh masyarakat dan tenaga kesehatan agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah keterpaparan Covid-19.

Dikutip dalam promkes.kemkes.go.id, tema HKN tahun 2020 ini adalah tentang "Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat". Ini merupakan upaya bagaimana membangun masyarakat yang produktif dan aman Covid-19 di era adaptasi keboiasaan baru.

Tujuan dari peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-56 ini sebagai momentum untuk mewujudkan Indonesia semakin sehat dan semangat memperjuangkan ketahanan kesehatan Indonesia.

Sebagai pengingat publik, harus selalu bersama-sama menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat agar terhindar dari Covid-19 sehingga derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya terwujud dengan dukungan seluruh komponen bangsa.

Akan tetapi karena saat ini Indonesia masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan angka penularannya masih cukup tinggi. Hari Kesehatan Nasional diadakan agak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Berikut rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional 2020 yang jatuh pada 12 November

1. Upacara Virtual

Menjaga protokol kesehatan, Hari Kesehatan Nasional ke-56 tahun 2020 diperingati dengan melakukan upacara secara virtual yang melibatkan seluruh peserta upacara dari UPT dan Dinkes Provinsi.

2. Bersama Mengenang Pahlawan Kesehatan

Mengheningkan cipta serempak dilaksanakan secara virtual via zoom dan YouTube streaming dengan melibatkan seluruh jajaran kesehatan mulai dari Kementerian Kesehatan, UPT Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota, Rumah Sakit Daerah.

Selain itu juga diadakan doa bersama dan membunyikan klakson atau sirine mobil yang dilakukan secara bersamaan di seluruh Indonesia tepat pukul 10.00 WIB tanggal 12 November 2020 setelah upacara virtual selesai.

3. Jambore Kesehatan

Jambore kesehatan juga dilakukan secara virtual dalam Hari Kesehatan Nasional Indonesia. Bentuk kegiatan ini dibuat sederhana berupa seminar yang dilaksanakan selama 1 hari.

4. Pengabdian Masyarakat

Melayani masyarakat lewat pelayanan deteksi dini Covid-19, penyakit tidak menular (PTM), hepatitis dan kesehatan jiwa, bakti 3M dengan menyebarkan masker kepada masyarakat dan menyerahkan sarana tempat cuci tangan pada tempat-tempat tertentu. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat semakin sadar akan berperilaku bersih dan sehat (PHBS).

5. Seminar dan Wisata Ilmiah

Seminar sehari dilaksanakan secara virtual yang membahas tentang kajian kesehatan masyarakat yang telah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan terkait dengan pencegahan Covid-19 dengan perilaku 3M.

Dalam seminar ini juga akan menjadi forum interaksi yang melibatkan sejumlah peserta dari berbagai komponen masyarakat di seluruh Indonesia.

6. Unjuk Kreasi Bidang Kesehatan Virtual

Kegiatan dalam Hari Kesehatan Nasional ini menampilkan berbagai upaya inovatif di bidang kesehatan, utamanya dalam menjalankan program ditengah-tengah pandemi.

Unjuk kreasi ini akan dilombakan berdasarkan jenis kategori. Seluruh peserta diwajibkan menampilkan kreasi bidang kesehatan dalam bentuk video maksimal 5 menit yang akan disiarkan ke seluruh Indonesia.

7. Lomba-lomba dan Olahraga

Penyelenggaraan lomba berbagai cabang olahraga dan keterampilan dalam rangka memeriahkan Hari Kesehatan Nasional ke-56 di tengah pandemi ini sangat istimewa. Dengan menggunakan media sosial untuk mengunggah video atau foto hasi capaian peserta lomba.

Peserta lomba adalah pegawai kesehatan mulai dari Pusat, Rumah Sakit hingga Puskesmas seluruh Indonesia. Diharapkan dengan adanya perlombaan di Hari Kesehatan Nasional 2020 ini dapat semakin memperkuat semangat dan meningkatkan kesehatan serta kebugaran SDM dan masyarakat Indonesia, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.



Simak Video "Ramai Netizen Komentari Menkes Baru Bukanlah Seorang Dokter"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)