Minggu, 15 Nov 2020 16:01 WIB

19 Buah yang Mengandung Vitamin C, Bukan Hanya Jeruk

Tim detikcom - detikHealth
jambu biji Foto: iStock/19 Buah yang Mengandung Vitamin C, Bukan Hanya Jeruk
Jakarta -

Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air yang ditemukan di banyak makanan, terutama buah-buahan dan sayuran. Vitamin ini terkenal sebagai antioksidan kuat.

Selain itu vitamin yang disebut juga dengan asam askorbat ini memiliki efek positif pada kesehatan kulit dan kekebalan tubuh, untuk sintesis kolagen, jaringan ikat, tulang, gigi, dan pembuluh darah kecil Anda.

Tubuh manusia tidak dapat memproduksi sendiri atau menyimpan vitamin C. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengkonsumsinya secara teratur dalam jumlah yang cukup.

Daily Values (DV) atau nilai harian saat ini untuk vitamin C adalah 90 mg. Kurang dari itu Anda bisa mengalami gusi berdarah, sering memar dan infeksi, penyembuhan luka yang buruk, anemia, dan penyakit kudis.

Berikut buah yang mengandung vitamin C dilansir Healthline:

1. Jambu Biji

jambu bijijambu biji Foto: iStock

Buah tropis berdaging merah muda ini berasal dari Meksiko dan Amerika Selatan. Jambu biji mengandung 126 mg vitamin C, atau 140% dari DV.

Buah ini sangat kaya akan antioksidan likopen.

Sebuah studi enam minggu yang melibatkan 45 orang muda dan sehat menemukan bahwa makan 400 gram jambu biji yang sudah dikupas per hari, atau sekitar 7 buah buah ini, secara signifikan menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol total mereka.

2. Pepaya

"It can grow at high altitudes (over 2,000 m), and is the cold-tolerant plant.Like the papaya, the babaco is grown for its edible fruit and for its fruit juice. Cultivation away from its native range has been successful as far south as New Zealand, in California, some regions of England, and north to Guernsey, Channel Islands, and somewhat also in Italy (mostly Sicily and Calabria)." Foto: iStock

Satu cangkir (145 gram) pepaya menyediakan 87 mg vitamin C, atau 97% dari DV.

Vitamin C juga membantu memori dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat di otak Anda.

Dalam sebuah penelitian, 20 orang dengan Alzheimer ringan diberi ekstrak pepaya pekat selama enam bulan. Hasilnya menunjukkan penurunan peradangan dan pengurangan stres oksidatif sebesar 40%.

3. Stroberi

Buah yang mengandung vitamin C lainnya yakni stroberi. Satu cangkir bagian stroberi (152 gram) menyediakan 89 mg vitamin C, atau 99% dari DV.

Stroberi mengandung campuran vitamin C, mangan, flavonoid, folat, dan antioksidan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa karena kandungan antioksidannya yang tinggi, stroberi dapat membantu mencegah kanker, penyakit pembuluh darah, demensia, dan diabetes.

Satu studi pada 27 orang dengan sindrom metabolik menemukan bahwa makan stroberi yang dibekukan setiap hari - setara dengan 3 cangkir segar - mengurangi faktor risiko penyakit jantung.

Pada akhir studi delapan minggu, kadar kolesterol LDL "buruk" mereka telah menurun sebesar 11%, sedangkan tingkat penanda peradangan pembuluh darah VCAM mereka telah menurun sebesar 18%.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4