Minggu, 15 Nov 2020 18:18 WIB

Satgas COVID-19 Minta Maaf Soal Bagi-bagi Masker di Hajatan Habib Rizieq

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jemaah memadati acara Maulid Nabi Muhammad SAW dan akad nikah putri Habib Rizieq Syihab di Petamburan, Sabtu (14/11/2020). Mereka berkerumun tanpa menjaga jarak. Potret kerumunan tanpa jaga jarak (Foto: Ari Saputra)
Jakarta -

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta maaf kepada masyarakat yang merasa kecewa atas pembagian masker dan hand sanitizer di perayaan Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq Syihab pada Sabtu (14/11/2020).

"Sekali lagi mohon maaf apabila langkah-langkah yang telah dilakukan ini mungkin banyak pihak yang kurang senang. Keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi," ucap Doni dalam konferensi pers di kanal Youtube BNPB, Minggu (15/11/2020).

Doni menjelaskan, pembagian masker ini dilakukan bukan untuk mendukung acara tersebut. Menurutnya, ini merupakan salah satu cara melindungi masyarakat yang tetap memaksa untuk datang ke acara perayaan Maulid Nabi dan pernikahan putri Habib Rizieq, meski sebelumnya sudah diimbau namun tidak diperhatikan.

"Artinya acara tetap dilaksanakan, sehingga jalan terakhir adalah memberikan masker, semata-mata adalah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat yang hadir agar tidak terpapar," terangnya.

Doni menegaskan kepada semua pihak maupun tokoh-tokoh yang memiliki keinginan untuk menyelenggarakan acara, yang berpotensi terjadi kerumunan, agar ditunda terlebih dahulu sampai pandemi COVID-19 bisa dikendalikan.

"Kepada semua pihak terutama tokoh-tokoh yang masih memiliki keinginan untuk menyelenggarakan acara-acara, yang menciptakan kerumunan, tolong ditunda dulu sampai pandemi bisa kita kendalikan," tegasnya.



Simak Video "Satgas Jelaskan Prosedur Penjemputan Pasien Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)