Selasa, 17 Nov 2020 10:36 WIB

Hore! 3 Kandidat Vaksin Ini Beri Harapan Pandemi COVID-19 Segera Berakhir

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Ilustrasi vaksin COVID-19. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Pandemi virus Corona telah berlangsung hampir 11 bulan di seluruh dunia. Karenanya banyak masyarakat yang bertanya kapan pandemi ini akan berakhir.

Aktivitas normal sebelum adanya pandemi sangat dinantikan oleh banyak orang. Ketersediaan vaksin pun menjadi harapan agar pandemi COVID-19 bisa segera berakhir.

Setidaknya ada tiga kandidat vaksin yang memberikan kabar baik dan harapan baru sebab data awal uji klinis tahap akhir menunjukkan vaksin tersebut efektif mencegah penularan COVID-19 hingga 90 persen.

Berikut daftar tiga kandidat vaksin yang data awalnya menunjukkan efektif 90 persen lawan COVID-19:

1. Vaksin COVID-19 Pfizer

Di awal November, data awal uji klinis vaksin COVID-19 Pfizer disebut 90 persen efektif. Ini menjadikan Pfizer dan BioNTech SE BNTX.O menjadi pembuat obat pertama yang menunjukkan data sukses dari uji klinis skala besar vaksin virus Corona COVID-19.

Efektivitas vaksin hingga 90 persen pada vaksin Pfizer berdasarkan analisis sementara pada 94 peserta dalam uji coba pengembangan vaksin COVID-19, memeriksa berapa banyak dari mereka yang menerima vaksin versus plasebo.

Pfizer mengatakan akan memproduksi hingga 1,3 miliar dosis vaksin di tahun 2021.

2. Vaksin COVID-19 Gamaleya Institute

Data awal uji klinis vaksin Sputnik V yang dikembangan Gamaleya Institute, Rusia, menunjukkan vaksin tersebut 92 persen efektif melindungi dari COVID-19.

"Dari pengamatan kami, jumlahnya juga lebih dari 90 persen. Kemunculan vaksin lain yang efektif, ini adalah kabar baik bagi semua orang," kata Oksana Drapkina, direktur lembaga penelitian di bawah kementerian kesehatan Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin juga mengatakan semua vaksin COVID-19 yang dikembangkan Rusia efektif, menambahkan bahwa negara itu akan segera melakukan suntikan ketiga untuk melawan virus tersebut.

3. Vaksin COVID-19 Moderna

Terbaru, Moderna merilis data awal uji klinis tahap akhir vaksin COVID-19 yang mereka kembangkan. Vaksin yang diberi nama mRNA-1237 ini disebut memiliki tingkat efikasi atau kemanjuran sebesar 94 persen.

"nalisis positif dari studi fase III memberikan validasi klinis awal bahwa vaksin bisa mencegah COVID-19. Saya percaya ini merupakan game changer," kata CEO Moderna Stephen Bancel.

Soal keamanan, sejauh ini dilaporkan tidak ada masalah serius. Beberapa keluhan ringan seperti kelelahan, sakit kepala, dan nyeri dilaporkan usai penyuntikan pada beberapa pasien.



Simak Video "Sederet Fakta Vaksin COVID-19 Pfizer yang Uji Klinisnya Sudah Rampung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)
dRooftalk
×
Rentetan Bencana di Awal Tahun
Rentetan Bencana di Awal Tahun Selengkapnya