Rabu, 18 Nov 2020 13:22 WIB

Toko Obat Habib Viral Gara-gara Nikita Mirzani, Ini Bedanya dengan Apotek

Ayunda Septiani - detikHealth
instagram nikita mirzani soal toko obat di malang Foto tangkapan layar Instagram Nikita Mirzani. (Foto: Tangkapan Layar)
Jakarta -

Belum lama ini Nikita Mirzani sempat berujar soal Habib. Sang artis mengatakan bahwa habib adalah tukang obat. Perihal tersebut, Nikita Mirzani diserang dua pemuka agama. Dia dinilai telah menghina arti dari habib.

Nikita Mirzani akhirnya membuktikan ucapannya tersebut soal Habib tukang obat. Di Instagram, ia mengunggah sebuah tangkapan layar 'Toko Obat Habib' yang berlokasi di Sukorejo, Kediri, Jawa Timur. Penelusuran detikcom, 'Toko Obat Habib' ditemukan juga di Malang, milik Habib Abdul Kadir.

Dalam caption yang menyertai unggahan tersebut, Nikita Mirzani ingin menunjukkan kebenaran dari ucapannya yang sempat menyebut bahwa habib tukang obat. Ia juga mengajak netizen untuk membeli obat di sana.

Alhasil, perbincangan tentang toko obat habib viral di mana-mana. Ngomong-ngomong, apa sih perbedaan toko obat dengan apotek? Kan sama-sama jual obat?

Dijelaskan oleh Sekjen Pengurus Pusat Ikatan Apoteker Indonesia (PP IAI), Noffendri, S.Si, Apt, perbedaan antara toko obat dengan apotek bisa dilihat dari dua sisi. Yang pertama dari ketenagaan, yang kedua dari sisi produk.

"Yang pertama dari sisi ketenagaan, kalau apotek itu adalah tempat praktiknya apoteker, dikhususkan untuk pendidikan S1 lulusan apoteker. Kalau toko obat itu, yang praktik di situ tenaga teknis farmasian, yang lulus D3 farmasi," jelas Noffendri, saat dihubungi detikcom, Rabu (18/11/2020).

Berbeda dengan toko obat, dijelaskan oleh Noffendri, apotek merupakan tempat untuk menjual segala jenis obat-obatan termasuk narkotika dan psikotropika. Sedangkan, toko obat hanya bisa melayani obat-obatan tertentu, terutama yang tidak membutuhkan resep dokter.

"Dari sisi produk, kalau toko obat itu produk yang dilayanankan terbatas hanya produk obat yang logo hijau sama biru. Hijau obat bebas, logo biru bebas terbatas," tambah Noffendri.

"Kalau apotek, semuanya. Dari obat bebas dari narkotika sampai psikotropika, mereka berhak melayani. Dua itu sih poin penting perbedaanya," pungkasnya.



Simak Video "Nikita Mirzani Blak-blakan soal Ancaman Pendukung Habib Rizieq"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)