Kamis, 19 Nov 2020 12:48 WIB

Updated

2 Anak Mamah Dedeh Positif COVID-19, Ini Cara Cegah Penularan di Keluarga

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
mamah dedeh Mamah Dedeh dan dua anaknya positif COVID-19. (Foto: Widiya Wiyanti)
Jakarta -

Mamah Dedeh dinyatakan positif COVID-19, kabar ini disampaikan tepatnya pada Jumat pagi (13/11/2020). Ternyata kini kabar terbaru menyebutkan dua anak Mamah Dedeh juga dinyatakan tertular COVID-19.

Hal itu terungkap usai seluruh keluarga Mamah Dedeh menjalani tes swab. Dari hasilnya, dua anak Mamah Dedeh dinyatakan positif COVID-19.

Kini kedua anak Mamah Dedeh tengah melakukan isolasi di rumah sakit.

"Semua dirawat di rumah sakit. Anak-anaknya yang di rumah, makanya pada kasihan. Cucunya negatif semua," kata menantu Mamah Dedeh, Nisa, lewat telepon, dikutip dari InsertLive.

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Dr dr Agus Dwi Susanto, SpP(K), sebelumnya menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mencegah penularan COVID-19 di keluarga. Berikut beberapa tips dari dokter paru yang perlu diperhatikan.

1. Pakai masker di dalam rumah

dr Agus mengatakan, jika di rumah ada seseorang yang terpapar COVID-19 di rumah, seseorang perlu memakai masker. Termasuk jika berpotensi tinggi menularkan virus akibat aktivitas di luar rumah sehari-hari.

"Apabila kita memang orang yang beraktivitas di luar rumah, disarankan tetap selama berkontak dengan keluarga kita yang rentan tersebut, maka sebaiknya di dalam rumah tetap menggunakan masker," kata dr Agus dalam konferensi pers di BNPB.

2. Protokol jika ada keluarga yang terpapar COVID-19

dr Reisa Broto Asmoro menyebut ketika ada anggota keluarga yang terpapar COVID-19 perlu dipastikan bagaimana berjalannya proses karantina, atau isolasi mandiri mereka. Perlu diingat, alat makan satu keluarga juga tidak boleh bersamaan untuk meminimalisir penularan.

"Protokol kesehatan COVID-19 di lingkungan sekitar tempat tinggal, ketika ada warga yang terpapar. Bagaimana tanggung jawab sosial sebagai anggota masyarakat, di lingkungan rumah juga penting," jelas dr Reisa.

3. Segera bersihkan diri setelah pulang ke rumah

dr Agus juga sebelumnya menegaskan pentingnya untuk segera membersihkan diri saat pulang ke rumah. Hal ini untuk memastikan tidak ada jejak COVID-19 yang kemungkinan berada di baju dan alat lainnya usai bepergian.

"Misalnya, sebelum masuk alat-alat kita bersihkan terus langsung ganti baju, kemudian mandi, bajunya harus dipisah lalu dicuci, baru setelah semuanya bersih kita bisa bertemu dengan keluarga," jelas dr Agus.

Catatan: Artikel ini mengalami pemutakhiran terkait penulisan narasumber dan tempat isolasi.



Simak Video "Epidemiolog UI: Corona Lebih Penting Ketimbang Terlibat Pilkada"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)