Jumat, 20 Nov 2020 11:20 WIB

3 Efek Samping Vaksin COVID-19 Moderna yang Dialami Relawan, Apa Saja?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Covid-19: Vaksin tonggak bersejarah, bisa mencegah penularan virus corona hingga 90% Ilustrasi vaksinasi COVID-19. (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

Vaksin COVID-19 yang dikembangkan oleh Moderna menjadi salah satu kandidat potensial untuk menangkal penularan Corona. Vaksin Moderna memiliki efikasi sebesar 94,5 persen yang membuatnya menjanjikan.

Hanya saja pertanyaan yang selalu muncul adalah soal efek samping dari penyuntikan vaksin. Dalam laporannya, Moderna menyebut ada efek sampinng yang ditimbulkan setelah vaksinasi COVID-19, hanya saja tergolong ringan.

Dikutip dari Times of India, berikut beberapa efek samping ringan yang dialami relawan vaksin COVID-19 Moderna.

1. Demam ringan

Salah satu efek samping pasca vaksinasi COVID-19 Moderna adalah demam ringan. Namun, itu bukanlah pertanda yang mengkhawatirkan. Demam terjadi ketika senyawa biokimia mengaktifkan sel kekebalan, yang kemudian membuat penanda inflamasi tertentu meningkat dan menyebabkan demam, kemerahan, atau pembengkakan.

Sebagian besar hilang dengan sendirinya setelah 2-3 hari pasca inokulasi dan tidak memerlukan perawatan khusus. Demam juga bisa menjadi indikator tubuh Anda mulai memproduksi antibodi.

2. Tangan pegal dan nyeri

Banyak relawan yang menceritakan bahwa mereka mengalami nyeri di lengan tempat di mana vaksin disuntikkan. Ini juga merupakan reaksi yang cukup umum yang terjadi dengan vaksin apa pun.

Nyeri lengan pasca vaksinasi biasanya disebabkan oleh nyeri otot, yang merupakan respons alami tubuh terhadap serangan benda asing. Kondisi ini biasanya akan hilang setelah satu atau dua hari.

3. Kelelahan

Partisipan dalam penelitian tersebut juga mengatakan bahwa dirinya mengalami kelelahan pasca suntikan. Ini lagi-lagi kemungkinan reaksi dari virus yang memasuki tubuh, yang kemudian menghasilkan respons inflamasi dan antibodi yang diperlukan. Merasa mengantuk dan lelah juga umum terjadi pada hari pertama setelah injeksi.



Simak Video "Harga Vaksin COVID-19 Moderna Berkisar Rp 350 Ribu"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)