Jumat, 20 Nov 2020 16:56 WIB

Viral Pemotor CBR1000RR SP Vs Ayla, Ini Cara Cegah Cekcok Saat Berkendara

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
CBR1000RR SP vs Daihatsu Ayla Heboh CBR1000RR Sp vs Daihatsu Ayla di media sosial. (Foto: dok. Twitter)
Jakarta -

Baru-baru ini, sebuah foto yang menunjukkan kecelakaan mobil Daihatsu Ayla yang menyeruduk motor sport Honda CBR1000RR SP di Kota Purwokerto, Jawa Tengah, viral di media sosial.

Disebutkan, peristiwa ini terjadi karena dipicu oleh emosi pengendara yang tak terkendali.

"Tengkar di jalan. Akhirnya si motor geber dan blayer si mobil. Eh si mobil gak terima, lgsg nyruduk si motor. Dikira si motor naek cbr 150 mungkin, makanya disruduk. Nangis darah tuh skrg si mobil..," demikian judul foto tersebut.

Terkait hal ini, terkadang saat berkendara memang ada saja hal yang bisa memancing emosi. Namun, bukan berarti ini menjadi alasan untuk memulai pertengkaran antar sesama pengendara.

Apa yang harus dilakukan jika terlanjur emosi?

Menurut Psikolog klinis dari Pro Help Center Nuzulia Rahma Tristinarum, sebelum memulai perdebatan, ada baiknya untuk menstabilkan napas terlebih dahulu.

"Lalu fokus pada tujuan untuk menyelesaikan masalah, bukan untuk buang sampah emosi," kata Rahma saat dihubungi detikcom, Jumat (20/11/2020).

"Terkadang orang seringkali numpang buang sampah emosi yang terpendam saat ada kejadian tertentu. Sebaiknya hal seperti ini dihindari karena akan membuat situasi makin rumit," tambahnya.

Rahma pun menyarankan agar tetap fokus pada penyelesaian masalah dan tidak meninggikan sifat egois, sehingga masalah bisa selesai dengan cara damai.

Bagaimana cara mengontrol emosi saat berkendara?

Rahma menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengontrol emosi saat berkendara. Di antaranya sebagai berikut.

  • Fokus pada tujuan berkendara, sehingga tidak mudah terpancing dengan hal-hal lain
  • Pastikan tubuh dalam kondisi fit dan bisa fokus
  • Jangan menyetir dalam keadaan lapar
  • Usahakan udara dalam mobil cukup nyaman
  • Stabilkan napas, karena napas yang stabil akan lebih mudah mengendalikan diri.


Simak Video "Ini Bahayanya Jika Konsumsi Makanan yang Dihinggapi Kecoa"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)