Minggu, 22 Nov 2020 14:45 WIB

5 Hal yang Terbukti Bisa Memperpendek Umur

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
young fitness woman runner /hiker legs at forest trail Hal-hal yang terbukti bisa memperpendek umur. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Salah satu hal yang sangat berhubungan dengan umur atau usia adalah masalah kesehatan. Beberapa penyakit atau kondisi kesehatan yang buruk terbukti bisa memperpendek umur seseorang.

Namun, yang lebih mengejutkan beberapa hal ini banyak terjadi pada orang-orang yang berusia masih muda antara 20-24 tahun. Dari berbagai masalah kesehatan, beberapa di antaranya merupakan penyebab utama kematian seseorang.

Dikutip dari Verywell Health, berikut 5 hal yang terbukti bisa memperpendek umur seseorang.

1. Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang menyumbang 4 persen angka kematian di antara kelompok usia 20-24 tahun. Sayangnya, masih belum ada cara yang terbukti bisa mencegah kanker.

Bahkan dari jumlah persentase ini di dalamnya mencangkung banyak kasus kanker yang terjadi saat masa anak-anak yang tidak bisa dicegah.

2. Penyakit jantung

Hampir 3 persen orang yang berusia antara 20-24 tahun meninggal karena penyakit jantung. Untuk mencegah bahkan menyembuhkan penyakit jantung tersebut, bisa dengan olahraga dan pola makan yang sehat.

Namun, banyak juga orang-orang yang berusia muda meninggal karena penyakit jantung yang dideritanya sejak lahir.

3. Kondisi bawaan

Penyebab atau hal lainnya yang bisa memperpendek umur adalah kondisi bawaan. Kondisi atau penyakit bawaan ini beberapa diwarisi dari orang tua, seperti fibrosis kistik atau HIV.

Penyakit tersebut ditularkan dari ibu, yang menyebabkan kurang dari 1 persen kematian pada usai 20-24 tahun.

4. Diabetes mellitus

Hal yang memperpendek umur adalah diabetes. Penyakit ini menjadi penyebab kematian pada kelompok usia 20-24 tahun di bawah 1 persen.

Meskipun kemajuan dalam pengobatan memungkinkan penderita diabetes mellitus hidup lebih lebih lama, penyakit kronis ini masih dikaitkan dengan sejumlah komplikasi.

Penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi mengalami serangan jantung dan stroke. Untuk mengendalikannya, bisa dengan cara mudah seperti olahraga, pola makan yang sehat dan pengobatan rutin yang baik.

5. Komplikasi persalinan

Komplikasi persalinan juga menjadi salah satu hal yang bisa memperpendek umur, terutama pada wanita muda yang berusia antara 21-24 tahun. Tetapi, ada risiko tertentu terkait dengan kondisi ini.

Sekitar 0,7 kematian di usia tersebut, terjadi selama kehamilan atau selama/setelah melahirkan.



Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)